Rabu, 21 November 2018
Pemerintahan

APLIKASI SIMDA PERENCANAAN DISOSIALISASIKAN

Amuntai – Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah menuju terwujudnya Good Government dan menjawab kebutuhan pengintegrasian perencanaan dan penganggaran, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sosialisasikan aplikasi Simda Perencanaan, bertempat di aula Bappelitbang, Selasa (6/11).

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, dihadiri perwakilan SKPD se-Kabupaten HSU.

Plt. Kepala Bappelitbang HSU melalui Kabid Ekonomi, SDA, dan Infrastruktur, Radiatam Mardiah mengatakan, kegiatan ini sangat penting dalam perwujudan e-Government di Kabupaten Hulu Sungai Utara, seiring dengan semakin majunya perkembangan tekhnologi dan informasi.

“Melalui e-Goverment seperti penggunaan aplikasi berbasis web untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang dapat diakses dan diketahui oleh masyarakat, hal ini sejalan dengan prinsip transparan serta akuntabilitas dalam kegiatan pemerintahan dan pembangunan,” tambah Mardiah.

Menurut Mardiah, selama ini pemerintah daerah sudah menggunakan beberapa aplikasi, seperti aplikasi perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan.

Akan tetapi ketiga aplikasi ini masih berjalan sendiri-sendiri dan belum terintegrasi satu sama lainnya, maka dari itu kita harus berpikir bagaimana supaya dapat mengintegrasikan aplikasi ini agar bisa lebih hemat dan efisien, khususnya dalam penyusunan anggaran.

“Maka dari itu dengan kehadiran BPKP Provinsi Kalsel kali ini kita dapat mengetahui gambaran bagaimana ketiga aplikasi ini dapat saling terhubung dan terintegrasi satu sama lainnya, khususnya aplikasi perencanaan tahunan daerah dan proses penyusunan anggaran,” imbuhnya.

Seiring dengan itu, Bupati Hulu Sungai Utara H. Abdul Wahid HK dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Inspektur H. Abdul Hamid, mengatakan bahwa kegiatan ini mempunyai makna yang sangat penting dalam rangka peningkatan pengetahuan dan pemahaman dalam perencanaan, guna mendukung tata pemerintahan yang baik (good government).

“Untuk itu kita sangat mengapresiasi terhadap pengembangan Simda pembangunan yang dikembangkan oleh BPKP Provinsi Kalsel yang merupakan alat bantu pemerintah daerah dalam penyelenggaraan perencanaan daerah dengan baik atau sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kita juga memintakan kepada BPKP melakukan asistensi, memberikan arahan, bimbingan, dan pendampingan dalam penggunaan dan pemanfaatan aplikasi Simda perencanaan bagi pemerintah daerah Hulu Sungai Utara, sehingga nanti dalam penerapannya bisa berjalan dengan baik,” kata Wahid.

Dalam kesempatan ini, perwakilan BPKP Provinsi Kalsel, Muhyidin, menyampaikan terima kasih atas kerjasama selama ini dalam penggunaan aplikasi. Dirinya juga menjelaskan bahwa aplikasi Simda perencanaan ini sudah bisa e-Sakip.

“Jadi kalau kita sudah mengaplikasikan ini, pasti terintegrasi dengan Simda keuangan, karena yang membikinnya satu saja, yaitu BPKP sendiri,” tambahnya.

Mahyudin mencatat, Kabupaten Hulu Sungai Utara kini sudah ada 4 aplikasi yang menggunakan aplikasi BPKP, yaitu Simda Keuangan, Simda BMD (barang milik daerah), Simda Pendapatan, dan Simkudes (sistem keuangan desa). Dengan ditambahnya Simda Perencanaan ini, maka bertambah 1 lagi menjadi 5 aplikasi dari BPKP. (Diskominfo/yanto/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!