Rabu, 17 Juli 2019
Kesehatan

ANGKA STUNTING MASIH TINGGI, HSU DIDORONG TINGKATKAN KONSUMSI IKAN

AMUNTAI – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupaya mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan dalam keluarga serta melakukan monitoring langsung ke daerah-daerah di Indonesia yang dinilai masih tinggi angka stunting.

Demikian ungkap Dede Gilang Septarina selaku Kasi Promosi Dalam Negeri Direktorat Pemasaran Dirjen PDSPKP (Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan) KKP, di sela-sela kegiatan safari Gemarikan di hadapan para ibu di Desa Simpang Empat Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Provinsi Kalsel, Senin (8/7).

Lebih lanjut, dirinya berujar bahwa dipilihnya Kabupaten HSU untuk program safari Germarikan dari 32 Kabupaten/Kota di Indonesia, karena angka stunting masih tinggi.

Ia mengkritisi, sumber daya perikanan di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang terbilang sangat besar, pun nilai konsumsinya cukup besar yakni 48 kg per kapita per tahun, begitu pula tingkat provinsi Kalsel hampir 50 kg per kapita per tahun, namun demikian masih ada angka stunting.

Oleh karenanya, dirinya menilai ada pola asuh yang perlu ditinjau kembali agar berkesesuaian antara nilai tersebut dengan hasilnya, yaitu stunting yang tidak ada lagi.

“Selama peninjauan kebeberapa daerah di Indonesia, yang menjadi kendala selama ini di antaranya mengenai laporan data valid yang terbilang lamban; berapa jumlah target , berapa ibu hamil, sehingga susah untuk dijadikan dasar untuk bergeraknya program kami,” kata Dede Gilang Septarina.

Dirinya mengimbau kepada para ibu agar dapat berinovasi dalam mengolah makanan yang berbahan ikan sehingga dapat menghasilkan bermacam-macam varian menu, di samping dapat meningkatkan ekonomi jika produk olahan ikan tersebut dipasarkan.

Adapun kegiatan Safari Gemarikan ini sebagai implementasi dari instruksi presiden nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan dukungan KKP yakni program Gemar Makan Ikan (Gemarikan).

“Kami punya motto Indonesia Harus Bebas Stunting tahun 2025,” tandasnya. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!