Senin, 22 April 2019
Pemerintahan

APARAT DESA IKUTI BIMTEK KEARSIPAN

Amuntai – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali mengadakan Bimbingan Teknis Pendataan dan Penataan Arsip Desa se-Kabupaten HSU dengan tema “Mari Kita Wujudkan Desa Sadar dan Tertib Arsip menuju HSU MANTAP (Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis, dan Produktif)”.

Bimtek kearsipan kali ini dilaksanakan di Kecamatan Sungai Pandan yang dihadiri Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Ketua RT dari Desa Sungai Pandan Tengah, Desa Sungai Pandan Hulu, Desa Sungai Pandan Hilir, Desa Sungai Pinang, dan Desa Teluk Betung, bertempat di Balai Desa Sungai Pandan Tengah, Kamis (7/2).

“Tugas pokok Dinas Perpustakaan dan Kearsipan adalah memberikan bimbingan tentang pengelolaan arsip desa. Hampir sebagian besar desa masih memerlukan bimbingan untuk penataan arsip desa. Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Pejabat Desa lainnya yang telah mendapatkan gaji dari pemerintah daerah diwajibkan untuk memberikan manfaat bagi daerah kita, salah satunya adalah dengan kelengkapan arsip desa,” ungkap Kabid Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Dispersip HSU H. Karyanadi.

“Peraturan daerah mengharuskan pemerintah desa untuk mempersiapkan dan menjamin ketersediaan arsip yang otentik dan terpercaya. Setiap tahun kami dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten HSU akan melakukan audit hasil arsip misalnya berupa buku laporan pertanggung jawaban yang telah dibuat oleh Kepala Desa,” lanjutnya.

Pihaknya berharap selalu ada koordinasi antara Kepala Desa kepada Sekretaris Desa, dan Sekretaris Desa mengumumkan kepada ketua RT. Agar tugas agar lebih terarah, maka sesuaikanlah dengan RT masing-masing. Seluruh kegiatan dan hasil kegiatan yang dilaksanakan di tiap RT pun harus berdasarkan bukti-bukti otentik.

“Pada 31 Desember harus sudah ada laporan seperti hasil rapat, kegiatan kemasyarakatan, dan lain-lain yang diserahkan ke Pemerintah Daerah. Jadi, dari arsip desa dapat kita lihat bagaimana kinerja desa setiap tahunnya,” jelasnya.

Kepala Dispersip HSU melalui Kabid Pengelola Arsip Hj. Anderiani berharap agar para peserta memperhatikan pengarahan yang diberikan dalam bimtek ini, sehingga setelah kegiatan ini bisa menerapkan di desa masing-masing.

“Karena arsip harus dimiliki setiap desa sebagai bukti kerja, dimohon kepada Bapak/Ibu agar membuat arsip dengan baik dan benar,” pesannya. (Diskominfo/ikhsan)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!