Rabu, 26 September 2018
Kesehatan

APLIKASI ONLINE PELAPORAN KAMPUNG KB DISOSIALISASIKAN

Amuntai – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sosialisasikan Aplikasi Online Pelaporan Kampung KB Tahun 2018, bertempat di aula DPPKB HSU, Senin (19/3).

Sosialisasi ini dibuka oleh Plt. Kepala DPPKB HSU Dra. Hj.Anisah Rasyidah, M.AP, diikuti kurang lebih 70 peserta dari PKB (Petugas Keluarga Berencana) dan PLKB (Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana) se-Kabupaten HSU.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Muchson Herisuwito, A.Md dari perwakilan Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi (ADPIN) BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam sosialisasi ini dijelaskan tentang Aplikasi Online Pelaporan Kampung KB yang bisa diakses melalui kampungkb.bkkbn.go.id. Aplikasi ini bertujuan untuk kemudahan, kecepatan, dan keakuratan dalam memonitoring sekaligus mengevaluasi perkembangan dan keberhasilan Kampung KB.

Adapun laporan Kampung KB tersebut memuat tentang capaian kampung KB menurut roadmap, serta memuat Profil Kampung KB yang mengumpulkan data tentang kepemilikan sekretariat, keberadaan kelompok kegiatan (BKB,KBR, BKL, UPPKS, PIK-R), sumber dana, keberadaan kepengurusan/pokja Kampung KB, kepemilikan SK pengurus, keberadaan PKB/PLKB sebagai pendamping dan pengarah kegiatan, kepemilikan regulasi, kepemilikan rumah dataku, pelatihan/sosialisasi bagi pokja, jumlah pokja yang terlatih, penggunaan data dalam perencanaan, hingga pelaksanaan mekanisme operasional.

Plt. Kepala DPPKB HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid berharap sosialisasi ini dapat memudahkan para petugas dalam pelaporan Kampung KB, karena dapat dilakukan secara online.

“Seluruh peserta diharapkan dapat mengikuti dan memperhatikan sosialisasi Aplikasi Online Pelaporan Kampung KB, jangan sampai nantinya petugas di lapangan tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan baik”, harap Anisah. (Diskominfo/yanto/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!