Rabu, 17 Oktober 2018
AgamaBudaya

ARAK-ARAKAN TALONG DI AMUNTAI MERIAH

Amuntai – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali mengelar arak-arakan tanglong di Kota Amuntai, Senin malam (4/6), bertepatan dengan 19 Ramadhan 1439 H.

Kegiatan ini mengambil start di depan Kediaman Bupati HSU di Jalan Norman Umar, dan selanjutnya melewati rute yang telah ditentukan, yaitu Jalan Soewandi Soemarta, Jalan Bihman Villa, Jalan H. Ali, Jalan Pangeran Antasari, Jalan Ahmad Yani, dan kembali ke Jalan Norman Umar.

Arak-Arakan Tanglong merupakan sebuah tradisi di Kalimantan Selatan dalam memeriahkan peringatan Nuzulul Qur’an dan menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan. Para peserta menampilkan hal-hal bernilai islami dalam bentuk unta, ka’bah, tempat ibadah, gua hira, kaligrafi, lampion, dan lain-lain; ditambah bunyi-bunyian “bakalintingan” yang merupakan salah satu khas Kalimantan Selatan pada saat “bagarakan sahur” (membangunkan sahur).

Kegiatan arak-arakan tanglong ini merupakan salah satu hal yang cukup dinanti warga setiap bulan Ramadhan. Bahkan sebagian warga yang tinggal jauh dari kawasan Kota Amuntai rela jauh-jauh datang untuk menyaksikkan secara langsung event tahunan ini.

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK mengatakan, arak-arakan tanglong pada tahun ini banyak diminati generasi muda laki laki maupun perempuan. Hal ini membuktikan generasi muda saat bisa kompak dan bekerjasama.

“Arak-arakan tanglong ini diikuti perwakilan kecamatan dan juga perwakilan tiap desa, bahkan dari kecamatan yang terjauh seperti Danau Panggang dan Babirik,” ujar Wahid.

Wahid menambahkan, arak-arakan tanglong ini tidak hanya di hadiri masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara, tetapi ada juga masyarakat dari kabupaten tetangga yang kebetulan mempunyai keluarga di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Ia juga berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah menyukseskan acara ini, sehingga berjalan dengan baik dan lancar.

Namun Wahid juga mengingatkan kepada masyarakat agar disela-sela memeriahkan arak-arakan tanglong ini, tetap berkosentrasi menjalankan ibadah.

“Di sepertiga akhir bulan Ramadhan ini ada malam Lailatur Qadar. Ibadah di malam Lailatur Qadar akan dinilai lebih baik daripada 1000 bulan,” tambah Wahid.

Arak-arakan tanglong ini dilepas secara resmi oleh Bupati HSU, didampingi Wakil Bupati, Forkopimda, Plt Sekda, Ketua Tim Penggerak PKK, serta para pejabat pemerintah di lingkungan Kabupaten HSU.

Di akhir acara, juga dibagikan undian doorprize TV sebanyak 30 buah, serta dana partisipasi sebesar Rp. 500 ribu kepada masing-masing peserta yang berjumlah sebanyak 160 grup. (Diskominfo/ricky/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!