Jumat, 24 Mei 2019
DekranasdaKerajinan

AYAMAN PURUN PUKAU PAMERAN EXPO NUSANTARA

AMUNTAI – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop – UKM) bersama Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten HSU mengikuti pameran Expo Nusantara ke-7 dalam rangka HUT ke-44 Taman Mini Indonesia Indah (TMII), bertempat di Sasana Kriya TMII Jakarta yang digelar dari tanggal 21 s/d 21 April 2019.

Dalam pameran ini, stand Kabupaten HSU menampilkan produk-produk unggulan daerah, antara lain berbagai produk anyaman purun, anyaman enceng gondok dan pandan, serta jajanan khas daerah HSU.

Produk unggulan Kabupaten Hulu Sungai Utara semuanya mendapat apresiasi dan diminati oleh pengunjung pameran Expo Nusantara kali ini, khususnya anyaman purun.

Ketua Dekranasda HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid yang didampingi Sekretaris Daerah H. Muhammad Taufik dan Ketua Dharma Wanita Persatuan HSU Hj. Raudhatul Munawarah menyampaikan ucapan terima kasih kepada TMII yang memberikan kesempatan kepada Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk mengikuti kegiatan pameran Expo Nusantara kali ini.

“Stand pameran Kabupaten HSU kali ini menyuguhkan kerajinan anyaman purun, enceng gondok, sebagai bukti produk unggulan daerah yang kondisi geografisnya 90% rawa,” ujar Anisah.

Anisah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Disperindagkop – UKM dan Dekranasda HSU yang selama ini membina pengrajin dan UKM di Kabupaten HSU, sehingga dapat menampikan kerajinan dan produk yang berkualitas dengan mutu yang bagus, sehingga mampu bersaing dangan produk dari daerah lain.

“Melalui kegiatan seperti ini diharapkan menjadi media untuk mempromosikan daerah Kabupaten HSU di kancah nasional maupun internasional, sehingga nantinya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para pengrajin,” harap Anisah.

Kegiatan ini diikuti 157 peserta dari 34 Provinsi seluruh Indonesia, dengan tujuan untuk menunjukan bahwa Taman Mini Indonesia Indah sebagai mitra daerah dalam mempromosikan berbagai produk unggulan dan budaya.

Sebagai wujud penghargaan Taman Mini Indonesia Indah terhadap peserta, nantinya juga akan ada penilaian baik dari segi produk maupun stand pameran.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pameran bersama museum dan festival kuliner dari seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Direktur TMII Tanribali Lamo saat membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini mengambil tema “Taman Mini Indonesia Indah merupakan Rumah Budaya Bangsa sebagai Wujud Bhineka Tunggal Ika”.

Tema tersebut sengaja diambil dalam rangka menghadapi tahun politik sebagai upaya TMII untuk menguatkan Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Di samping itu, Pemerintah Daerah bisa memanfaatkan kegiatan ini sebagai media mempromosikan produk-produk unggalannya, dan TMII sebagai pintu depan dari kegiatan budaya, sehingga dapat memberikan wawasan baru bagi masyarakat. (Tim)

1 Comment

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!