Senin, 20 November 2017
Pemerintahan

BAPPELITBANG GELAR RAKOR KAWASAN PEDESAAN

 

 

Amuntai – Dikomando Bappelitbang Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), sebanyak tujuh desa di wilayah Kecamatan Sungai Tabukan yang telah ditetapkan menjadi Kawasan Pedesaan menggelar rakor kawasan pedesaan, Jum’at (10/11).

Rakor yang bertempat di Kantor Bapelitbang tersebut melibatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dinas Pekerjaan Umum (PU), dan Dinas Pertanian (Distan) serta Dinas Perindagkop dan UKM.

Menurut Kepala Bappelitbang H. Fajeri Ripani, S. Sos, M. Si, pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan kesepakatan dengan Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan dalam Rapat Konsultasi Regional beberapa waktu yang lalu.

“Ini yang mau kami sampaikan dan membutuhkan kesiapan semua pihak,” terangnya.

Ia tidak menampik bila penetapan tujuh desa seperti Pasar Sabtu, Hilir Mesjid, Gampa Raya, Sungai Haji, Rantau Bujur Hulu, Rantau Bujur Tengah dan Rantau Bujur Darat telah ditetapkan sebagai Kawasan Pedesaan dengan sasaran utama pembangunan pertanian.

“Kawasan pedesaan ini digulirkan sejak tiga tahun silam. Pembahasan melibatkan UGM Yogyakarta, Unlam Banjarmasin hingga Kementerian Desa, dan kita mendapat titik terang,” ujarnya.

Ada beberapa kegiatan yang bakal direalisasikan seperti bantuan nilai tambah program unggulan kawasan pedesaan berupa mesin produksi untuk sentra UMKM senilai Rp400.000.000,-.

Pembangunan jalan strategis di daerah tertinggal dalam rangka mendukung program unggulan kawasan pedesaan sebesar Rp. 3 miliar. Pembangunan embung desa dan bangunan air lainnya senilai Rp. 1 miliar.

“Kita diwajibkan menyampaikan proposalnya sebelum tanggal 26 Desember tahun ini,” tegasnya.

Sementara itu Kepala PMD Drs. Dwi Hadi Saputra menyambut baik bila tujuh desa tersebut bakal direalisasikan beberapa program dari pemerintah pusat. Ia mengharapkan seluruh desa bersama jajaran terkait lainnya melakukan pembahasan agar nantinya proposal memuat lokasi beberapa program tersebut.

“Mari kita putuskan bersama dengan melihat skala kebutuhan dan kesiapan lahannya. Program ini harus kita dukung dan sukseskan,” ajaknya. (Diskominfo/fai)

1 Comment

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU

Media Center – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara

error: Konten di lindungi !!