Jumat, 20 September 2019
EkonomiPariwisataPemerintahan

BAPPELITBANG GELAR KONSULTASI PUBLIK RENCANA INDUK PENGEMBANGAN PARIWISATA DAERAH

 

Amuntai – Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan kegiatan Konsultasi Publik tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA), bertempat di aula Bappelitbang, Selasa (13/11).

Kegiatan dihadiri perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), perwakilan SKPD di lingkungan Pemkab HSU, Camat, Sekcam, dan LSM, serta para pemangku usaha di bidang pariwisata yang ada di Hulu Sungai Utara.

Plt. Kepala Bappelitbang HSU H. M. Haridi menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan rencana pembangunan kepariwisataan yang berkualitas, serasi, dan optimal, sesuai dengan kebijakan pembangunan Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, dan nasional terkait dengan pembangunan kepariwisataan, serta untuk meminta masukan dari beberapa instansi terkait untuk bersinergi bersama-sama dalam pengembangan kepariwisataan di Hulu Sungai Utara.

“Rencana induk pengembangan pariwisata daerah ini nantinya akan diraperdakan oleh Pemerintah Daerah, karena ini merupakan salah satu raperda inisiatif dari DPRD Kabupaten HSU yang nantinya akan dijadikan peraturan daerah tentang pariwisata di Hulu Sungai Utara. Maka dari itu harus ada kajian-kajian yang mendukung sebelum dijadikan peraturan daerah,” jelas Haridi.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bobby Rahman dan R. Clario Dimassetya Jaya dari konsultan CV. Sentratecs Banjarbaru yang menyampaikan perkembangan pariwisata dan ekonomi digital di Kalimantan Selatan, terutama yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan ruang wilayah kepariwisataan Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan memenuhi kebutuhan pembangunan di bidang pariwisata yang berwawasan lingkungan, efisien dalam alokasi investasi, bersinergi, dan dapat dijadikan acuan dalam penyusunan program pembangunan untuk tercapainya sinkronisasi perencanaan di semua sektor pendukung pembangunan pariwisata, serta pencapaian visi dan misi Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, sehingga dapat terwujud destinasi wisata berbasis religi, alam, budaya, sejarah, dan ekonomi kreatif yang berdaya saing dan berkelanjutan. (Diskominfo/yanto/aspani)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!