Jumat, 15 Desember 2017
Pemerintahan

BAPPELITBANG HSU GELAR SOSIALISASI FORUM KELITBANGAN

 

Amuntai – Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pembangunan (Bappelitbang) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan Sosialisasi Forum Kelitbangan, Selasa (28/11).

Sosialisasi ini membahas kebijakan pengangkatan fungsional peneliti dan peran litbang dalam perencanaan dan pembangunan daerah, yang dihadiri oleh peneliti Balitbangda Provinsi Kalimantan Selatan Sugiharni, SP, MT, Peneliti Madya Balitbangda Provinsi Kalsel Drs. Wajidi, dan beberapa perwakilan SKPD yang ada di Kabupaten HSU.

Kepala Bappelitbang HSU H. Fajeri Ripani, S.Sos., M.Si mengatakan, Sosialisasi Forum Kelitbangan ini dilakukan untuk meningkatkan fungsi kelitbangan di Kabupaten HSU, karena HSU masih masuk kategori daerah tertinggal, sehingga fungsi litbang sangat penting di daerah ini.

Persoalan dalam pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan di daerah, selalu muncul dalam berbagai permasalahan. Hal tersebut menuntut kehadiran kebijakan yang tepat dan mampu mengakomodasi berbagai kepentingan dan kebutuhan masyarakat. Kebijakan yang ditetapkan dalam menyelesaikan permasalahan seyogyanya merupakan kebijakan yang telah didasari atas pertimbangan yang rasional, matang, dan mempunyai akurasi yang baik. Konsekuensi logis dari hal tersebut menjadikan kita harus mengedepankan aspek penelitian dan pengembangan dalam setiap pengambilan kebijakan strategis. Hal ini sebagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemaslahatan pembangunan daerah.
Oleh karena itu, pembentukan institusi yang menangani kegiatan penelitian dan pengembangan merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi dalam menunjang kebijakan pembangunan daerah. Oleh karenanya, Bappelitbang HSU sebagai institusi penelitian dan pengembangan di daerah HSU harus mampu mengemban misi sebagai lembaga yang mampu memberikan masukan berdasarkan sebuah kajian kepada Bupati selaku Kepala Daerah, dalam membuat berbagai rumusan perencanaan pembangunan dan kebijakan publik.

Menurut peneliti Balitbangda Provinsi Kalimantan Selatan Sugiharni, melihat keadaan alam di Kabupaten HSU, Kabupaten HSU tidak dapat memanfaatkan sektor tambang untuk modal sebagai obyek pembangunan, tetapi Kabupaten HSU dapat memaksimalkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, seperti sektor pertanian umum dan kehutanan, sektor peternakan seperti ternak itik dan kerbau, sektor perikanan seperti melimpahnya ikan air tawar, dan sektor industri olahan seperti industri kreatif yang sudah mulai berjalan.

“Kabupaten HSU perlu memperkuat kelitbangan karena HSU tidak memiliki SDA berupa bahan tambang, sebagian besar lahan rawa monoton (84%). Namun HSU memiliki SDA yang dapat diperbaharui cukup melimpah. Masyarakat HSU punya kreatifitas tinggi dan naluri bisnis tinggi, akan tetapi sumbangan SDA dan masyarakat tersebut terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih kecil”, tambah Sugiharni.

Sementara itu, peneliti madya Balitbangda Provinsi Kalsel Drs. Wajidi mengatakan, selama ini Bappelitbang berperan meneliti masalah yang muncul di masyarakat, agar hasil penelitian dapat langsung diaplikasikan kepada masyarakat.

“Diharapkan Bappelitbang Kabupaten HSU dapat meneliti isu-isu yang muncul di tengah masyarakat, agar dapat diselesaikan lewat penelitian, sehingga masyarakat HSU dapat langsung merasakan dampak dari penelitian yang dilakukan”, tambah Wajidi.

Wajidi menambahkan, sesuai Keputusan Menteri PAN dan RB No. Kep/120/M.Pan/9/2004, pejabat fungsional peneliti adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan penelitian dan/atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) pada satuan organisasi penelitian dan pengembangan (unit litbang) instansi pemerintah.

“Untuk Kabupaten HSU, wadah bagi peneliti adalah Bappelitbang. Oleh karena itu, peneliti harus mengerjakan penelitian yang sesuai dengan kepakarannya masing-masing”, lanjut Wajidi (Diskominfo/faisal).

1 Comment

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU

Media Center – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara

error: Konten di lindungi !!