Selasa, 7 April 2020
Kesehatan

BPOM HSU GELAR OPERASI PANGEA

AMUNTAI – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan Operasi Pangea. Operasi Pangea merupakan operasi internasional yang dilakukan di bawah koordinasi Interpol, melibatkan partisipasi aktif negara anggota Interpol dengan fokus pelaksanaan memutus sistem distribusi obat ilegal melalui media internet berupa deteksi infrastruktur internet, sistem pembayaran elektronik, dan tata cara pengiriman barang (jual beli secara online).

Kepala BPOM HSU Bambang Hery Purwanto, Rabu (11/3) menjelaskan,BPOM bersama dengan Dinas Kesehatan , Disperindagkop-UKM, dan Dinas Kominfo HSU melakukan operasi penindakan tindak pidana kosmetik yang tidak memiliki izin edar terutama yang dijual secara online, dalam hal ini secara serentak melakukan operasi Pangea yang dilaksanakan di seluruh daerah.

“Pada hari ini kami melakukan operasi di dua tempat, yaitu Amuntai dan Sungai Turak. Kami menemukan sebanyak 21 macam item kosmetik yang tidak memiliki izin edar. Terhadap temuan tersebut akan dilakukan proses-proses tahapan selanjutnya termasuk melakukan pemeriksaan saksi dan melengkapi berkas yang dibutuhkan,” terangnya.

Untuk pelanggarannya, terkait dengan mengedarkan kosmetik yang tidak memiliki izin edar melanggar Undang-Undang Kesehatan Pasal 197 dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun dan denda maksimal Rp1,5 miliar.

“Terhadap para pedagang atau pengusaha yang melakukan produksi atau mengedarkan kosmetik yang tidak memiliki izin edar, kami imbau untuk mengganti produknya dengan yang memiliki izin edar,” ujar Bambang.

“Untuk proses izin edar, kami dari BPOM melakukan percepatan terhadap izin edar kosmetik. Sebagai Badan, kami siap membantu terhadap usaha yang memproduksi kosmetik untuk mempercepat proses pembuatan izin edar,” tambahnya. (Diskominfo/ikhsan/aulia)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!