Rabu, 26 Februari 2020
KeamananKesehatanPemerintahan

BPOM SIDAK PRODUK MINUMAN DAN MAKANAN DI AMUNTAI

AMUNTAI – Menjelang Natal dan tahun baru 2020, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah toko distributor makanan dan minuman serta minimarket di seputar kota Amuntai, Senin (16/12).

Sidak dilakukan oleh BPOM bersama Dinas Kesehatan dan Disperindagkop-UKM Kabupaten HSU. Pertama-tama dilakukan pemeriksaan di toko-toko distributor makanan minuman, petugas dengan teliti memeriksa kemasan tanggal kadaluarsa, nomor registrasi, serta kandungan produk.

Alhasil, petugas menemukan sejumlah produk yang kemasannya rusak, namun menurut si pemilik toko produk tersebut bakal ditukar. kembali oleh pihak distributor produk.

“Biasanya cuma kemasan yang rusak bakal ditukar kembali oleh distributor produk, seminggu sekali mereka datang,” ucap Novita si pemilik toko.

Usai memeriksa produk makanan, minuman, dan kemasan di toko distributor, petugas bergerak ke sejumlah minimarket dan menemukan beberapa produk makanan dan minuman yang kadaluarsa seperti mie instan, biskuit, margarin, cemilan kacang, minuman kaleng, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk produk olahan usaha kecil mikro, petugas menemukan sebagian produk yang tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa, serta izin P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga) yang sudah tidak berlaku.

“Kami berharap produk industri rumah tangga UKM yang belum memiliki no Izin P-IRT dapat sesegeranya mengurusnya ke Dinas kesehatan, bisa secara langsung,” ujar Muhammad Firza selaku Kasi Bidang Kesmas Dinkes HSU saat kegiatan.

Sebelumnya, Kepala Loka BPOM HSU Bambang Hery Purwanto secara terpisah mengungkapkan, kegiatan ini merupakan intensifikasi pengawasan pangan, terlebih menjelang Natal dan Tahun baru.

“Jadi kami melakukan pengawasan pangan untuk memastikan bahwa pangan yang beredar aman dikonsumsi,” ungkap Bambang.

Rencananya, BPOM bersama Dinkes dan Disperindagkop-UKM HSU juga bakal menggelar kegiatan serupa dalam beberapa hari kedepan, termasuk di pasar induk Amuntai.

Selama ini BPOM mengimbau kepada masyarakat agar lebih teliti dalam memilih dan mengkonsumsi produk pangan yang beredar. (Diskominfo/wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!