Senin, 21 Oktober 2019
Pemerintahan

BUPATI DAN KEPALA SKPD DI HSU KOMITMEN BERSAMA SP4N LAPOR

AMUNTAI – Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) bersama seluruh Kepala SKPD melakukan penandatangan komitmen bersama penggunaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui aplikasi Laporan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Penandatanganan komitmen bersama dilaksanakan usai apel pagi gabungan di halaman Kantor Bupati HSU, Senin (7/10). Disaksikan oleh Kepala Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan H. Gusti Yanuar Nur Rifai dan Ketua Ombudsman Kalsel Norkhalis Majid beserta jajarannya.

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan dan juga Ombudsman Provinsi Kalimantan Selatan yang turut hadir dan menyaksikan penandatanganan komitmen bersama ini.

“Dengan ditandatanganinya naskah komitmen penerapan SP4N-LAPOR oleh pimpinan SKPD ini berarti kita telah berkomitmen untuk mengelola pengaduan publik. Karenanya kami minta kepada kepala SKPD agar sungguh-sungguh menindak lanjuti dan melaksanakan kebijakan strategis dalam layanan publik ini dengan baik dan penuh tanggung jawab, mengingat pengelolaan pengaduan merupakan hal yang penting sebagai sarana perbaikan pelayanan publik, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dasar pengambilan keputusan, atau kebijakan serta mengawal akuntabilitas pemerintah,” ujar Wahid.

Wahid menambahkan, kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan peraturan presiden nomor 95 tahun 2018, tentang sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) sekaligus surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 4 Tahun 2016 tentang pengintegrasian pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara nasional bagi pemerintah daerah di dalam SP4N-LAPOR.

“Oleh sebab itu sekali lagi kami minta agar pengelolaan pengaduan ini dapat dikelola dengan baik, dan cepat dalam merespon dan menindak lanjuti serta melaporkan setiap masukan atau pengaduan publik. Sehingga SP4N-LAPOR benar benar dapat berfungsi sebagaimana peran dan fungsinya,” pinta Wahid.

Sementara itu, Norkhalis Majid selaku Kepala Perwakilan Ombudsman Kalsel berharap seluruh SKPD penyelenggara pelayanan publik terhubung dengan aplikasi ini. “Sehingga kalau ada masyarakat yang komplen atas pelayanan publik bisa ditindak lanjuti dan bisa diketahui,” imbuhnya.

“Sistem ini juga terhubung dengan Sekretariat Presiden dan Ombudsman, jadi dalam konteks pelayanan publik seluruh komplen masyarakat itu bagian dari pelayanan publik dan kita sebagai penyelenggara pelayanan harus merespon laporan tersebut, dan kami sangat berharap HSU seluruh SKPD-nya sudah terhubung,” ujar Norkjalis Majid.

Aplikasi LAPOR juga memberi manfaat bagi instansi, karena di dalam aplikasi tersebut ada data statistik yang memberitahu persoalan apa saja yang menjadi keluhan masyarakat. Itu bisa menjadi referensi Pemerintah Daerah untuk menyusun program pembangunan. (Diskominfo/Tim)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!