Senin, 21 Oktober 2019
KeamananKesehatanLingkungan Hidup

BUPATI HSU: KARHUTLA HARUS JADI PERHATIAN SEMUA PIHAK

AMUNTAI – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang telah terjadi di beberapa wilayah Indonesia harus menjadi perhatian semua pihak, mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau.

Demikian seruan Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK saat memimpin apel kesiapsiagaan satuan tugas (Satgas) Karhutla Kabupaten HSU, bertempat di Lapangan Pahlawan Amuntai, Selasa (27/8).

“Saat ini sudah memasuki musim kemarau, sehingga kita harus mewaspadai dan melakukan kesiapsiagaan dan mendeteksi sedini mungkin titik panas (hot spot) agar jangan sampai kebakaran hutan dan lahan terjadi di HSU. Jangan membakar apapun di sekitar lingkungan agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan,” pesan Wahid.

Selain itu Wahid juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten HSU untuk menghilangkan kebiasaan membakar sampah, baik skala kecil seperti di sekitar rumah ataupun skala besar seperti pembukaan lahan pertanian.

“Masyarakat harus dengan sadar agar hati-hati dan berusaha tidak melakukan pembakaran lahan di sekitarnya,” harap Wahid.

Selama ini ada beberapa faktor yang membuat sebagian masyarakat melakukan pembakaran lahan, seperti pembukaan lahan pertanian dikarenakan lebih murah dan lebih cepat dalam pembersihan lahan. Maka dari itu Wahid mengajak masyarakat meningkatkan kesadarannya dan saling mengingatkan agar penyebab Karhutla ini menjadi suatu tindakan yang harus dihindari, karena menurut ketentuan pemerintah bahwa membakar hutan dan lahan itu merupakan tindakan pidana/melanggar hukum.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU Sugeng Riyadi mengatakan, untuk jumlah kebakaran hutan dan lahan di HSU dari bulan Januari sampai Agustus tergolong sedikit dibandingkan kabupaten lain.

“Menurut informasi BMKG, musim puncak musik kemarau ini akan berakhir di bulan Oktober,” ujar Sugeng.

Usai Apel Kesiapsiagaan Satgas Karhutla, dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Tidak ketinggalan Bupati HSU dan Wakil Bupati HSU didampingi Kapolres HSU juga ikut dalam simulasi penanggulangan tersebut. (Diskominfo/ricky/irwin)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!