Rabu, 17 Oktober 2018
Pemerintahan

BUPATI HSU MINTA DANA DESA DIKELOLA DENGAN BAIK

 

Amuntai – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK meminta agar Kepala Desa dapat mengelola dana desa dengan transparan, akuntabel, dan memperhatikan administrasi keuangan sesuai dengan aturan yang ada, supaya terhindar dari perbuatan yang melanggar hukum.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan dalam acara silaturahmi bersama Kepala Desa se-Kabupaten HSU, di aula DR. KH. Idham Chalid Amuntai, Selasa (5/6).

Menurut Wahid, dengan diraihnya WTP pada LKPD HSU 2017 belum lama ini, seharusnya tidak ada lagi Kepala Desa yang dipanggil terkait penyalahgunaan dana desa. Meskipun ada pemeriksaan, maka itu hanya bersifat pembinaan guna memastikan dana desa bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Terkait dengan hal itu, Bupati juga menyatakan siap diajak berkonsultasi 24 jam oleh Kepala Desa.

“Saya berada di jabatan ini karena masyarakat, karena itu saya ingin masyarakat bisa memanfaatkan dirinya dengan sebaik-baiknya,” kata Wahid.

Selama ini, Wahid mungkin salah satu Bupati di Kalimantan Selatan yang terbuka menyampaikan nomor HP pribadi kepada masyarakat, supaya dapat langsung mendengarkan aspirasi dari masyarakat.

Wahid menginformasikan, tahun ini sebanyak 80 desa menjadi sampel pemeriksaan Inspektorat.

“Jika menaati peraturan dalam pengelolaan dana desa, maka akan terbentengi dari pengaduan masyarakat yang tidak berdasar,” sambung Wahid.

Wahid juga mengingatkan para Kepala Desa agar bisa menjadi teladan yang baik bagi masyarakat, karena seorang Kepala Desa merupakan publik figur yang disukai dan dipilih oleh masyarakat.

“Perilaku Kepala Desa, baik perbuatan, ucapan, hingga penampilan harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat,” pesannya.

Terkait pembangunan di desa, Wahid juga meminta agar para Kepala Desa bisa menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan aparat desa, khususnya dengan BPD dan Ketua RT. (Diskominfo/eddy/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!