Selasa, 19 Juni 2018
Kesehatan

BUPATI HSU MINTA TIDAK ADA LAGI REKLAME ROKOK

 

Amuntai – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK menginginkan tidak ada lagi reklame rokok di ruang publik, guna mendukung Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2013 dan Peratuan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang Larangan Pemasangan Iklan Rokok di jalan protokol.

Hal itu ia sampaikan di sela-sela pelantikan pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati HSU, Senin (4/6).

Menurut Wahid, hal tersebut sebagai upaya mendukung antisipasi bahaya rokok bagi kesehatan, khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Utara, sehingga ia meminta kepada instansi terkait agar reklame rokok yang terlanjur terpampang di ruang publik dapat segera ditertibkan.

Terkait dengan hal itu, Wahid meminta kepada instansi terkait untuk melayangkan surat kepada pengusaha iklan rokok, bahwa di daerah HSU tidak boleh ada iklan rokok.

“Saya mengimbau kepada instansi terkait, seperti Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Dinas Satpol PP dan Damkar, dan instansi terkait lainnya untuk segera menindaklanjuti hal ini,” pinta Wahid.

Ia tidak ingin adanya iklan rokok hanya seolah mengejar target pajak pendapatan daerah, namun mengorbankan kesehatan khususnya anak-anak yang akan menjadi generasi penerus di masa yang akan datang.

Hal itu juga merupakan bagian dari komitmen untuk mewujudkan Hulu Sungai Utara sebagai kabupaten layak anak.

Seperti diketahui, Kabupaten Hulu Sungai Utara baru-baru ini meraih penghargaan Pastika Parahita dari Menteri Kesehatan RI, karena telah mempunyai Perda dan Perbup tentang Kawasan Tanpa Rokok. (Diskominfo/mahdi/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!