Selasa, 10 Desember 2019
Kebangsaan

BUPATI HSU PIMPIN UPACARA HARI LAHIR PANCASILA 1 JUNI 2019

AMUNTAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) turut memperingati Hari Lahirnya Pancasila. Dengan tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”, upacara digelar di halaman Kantor Bupati HSU, Sabtu (1/6) pagi.

Upacara dipimpin langsung oleh Bupati H Abdul Wahid HK. Tampak hadir pejabat Forkopimda, TNI, Polri, ASN, Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, KNPI, serta pelajar/mahasiswa.

Dalam amanatnya, Bupati Wahid membacakan sambutan tertulis Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Hariyono.

Dalam sambutan tertulis tersebut, Hariyono menekankan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa yang masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” tegasnya.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberadaan kondisi geografis flora dan fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dalam konteks itulah sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan, guna mengenang dan memperjelas momentum sejarah di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

Sebagai bangsa besar, kita tidak akan meninggalkan sejarah apa yang oleh Bung Karno pernah sebut “JAS MERAH”, artinya jangan sekali-kali meminggalkan sejarah. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus menegakkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari lahir Pancasila ini. (Diskominfo/tim)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!