Sabtu, 19 Januari 2019
Lingkungan Hidup

BUPATI HSU TERIMA PENGHARGAAN SERTIFIKAT ADIPURA

Amuntai – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK menerima penghargaan sertifikat Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan pada acara Penyerahan Penghargaan Adipura dan Green Leadership oleh Wakil Presiden RI H. M. Yusuf Kalla di Auditorium Dr. Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti di Jakarta, Senin (14/1).

Penghargaan Sertifikat Adipura diberikan kepada Bupati HSU karena Kabupaten ini dinilai berhasil meningkatkan kinerja dalam mengelola, menjaga, dan memelihara lingkungan yang sehat, bersih, dan indah, serta dalam pengelolaan dan penanganan sampah.

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK dalam wawancaranya menyampaikan rasa senangnya karena berkat komitmen dan kerja keras bersama Kabupaten HSU berhasil meraih sertifikat adipura tahun 2017-2018.

Penghargaan ini menurut Wahid merupakan bukti nyata kerja keras dan kerjasama masyarakat HSU yang memiliki kesadaran untuk menjaga dan memelihara lingkungan hidup.

“Hari ini kita berhasil meraih penghargaan sertifikat adipura, semoga penghargaan ini semakin menambah semangat kita bersama untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di HSU,” ujar Wahid.

Di kesempatan itu, Wahid juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaannya secara khusus kepada para petugas kebersihan yang sudah melakukan tugas dan tanggung jawabnya dalam menjaga dan memelihara kebersihan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Ke depan, Wahid berharap masing-masing warga HSU memiliki kesadaran untuk menjaga dan memelihara lingkungan, minimal di lingkungan sekitar tempat tinggal dan tempat kerjanya.

Di saat yang sama Wakil Presiden Yusuf Kalla juga memberikan penghargaan bagi Gubernur dan Bupati/Walikota yang berhasil meningkatkan kinerja dalam pengelolaan lingkungan termasuk dalam pengurangan sampah, yakni 30 % dan 70 % penanganannya, serta menerapkan kepemimpinan berwawasan hijau.

Wapres menegaskan bahwa memperbaiki pengelolaan lingkungan untuk kemajuan bangsa tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, harus ada kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat dan stakeholder.

Yusuf Kalla juga mengingatkan bahwa dengan diraihnya prestasi ini jangan menjadikan puas sampai di sini, justru harus lebih berusaha lagi untuk memperbaiki kualitas lingkungan. Menurutnya, membudayakan masyarakat yang sadar terhadap kebersihan lingkungan adalah hal penting yang harus terus dilakukan dengan memberikan contoh dan stimulan bagi masyarakat.

Wapres memberikan contoh dengan menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing, karena kebersihan akan mendatangkan kebersihan, sebab orang yang membuang sampah di tempat yang bersih akan merasah bersalah, dan tempat yang kotor akan memudahkan orang membuang sampah di tempat tersebut karena sudah kotor.

Bupati Wahid menerima penghargaan sertifikat adipura didampingi Kadis Perkim LH HSU dan Plt. Kabag Humpro beserta staf. (Humpro/tim/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!