Selasa, 22 Oktober 2019
Umum

BUPATI HSU TUTUP KEGIATAN MANASIK HAJI 2019

AMUNTAI – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid HK menutup secara resmi kegiatan manasik haji massal tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2019, bertempat di Masjid Sabilal Muhtadin, Senin (8/7).

Kegiatan penutupan manasik haji dihadiri Asisten Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Supomo, Kepala Kantor Kementerian Agama HSU, Ketua Mejelis Ulama Indonesia HSU, Ketua KNPI HSU, Alim Ulama, Guru-Guru Agama, Pimpinan SKPD, dan Jamaah Calon Haji tahun 2019.

Kepala Kantor Kementrian Agama HSU H Yusran dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan manasik massal jamaah calon haji telah dilakukan 3 tahap dimulai dari 20 Juni sampai 8 Juli 2019, dengan jumlah awal jamaah calon haji sebanyak 256 orang, sekarang bertambah 6 orang cadangan lansia, sehingga total menjadi sebanyak 262 jamaah calon haji.

Dalam kesempatan tersebut Yusran juga menginformasikan mengenai keberangkatan jamaah calon haji Kabupaten HSU.

“Jamaah calon haji asal Kabupaten HSU berkumpul di Masjid Raya At-Taqwa Amuntai Selasa 16 Juli 2019 pukul 14.00 wita, selepas sholat dzuhur untuk menuju ke Asrama Haji Banjarmasin yang akan dilepas lansung oleh Bupati HSU,” sampainya.

Yusran menambahkan, tanggal 17 Juli 2019 jamaah calon haji sudah memasuki asrama haji untuk prosesi penerimaan jamaah calon haji kloter 6, selanjutnya tanggal 18 Juli 2019 jamaah calon haji berada di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin pukul 04.10 pagi.

“Jamaah calon haji selama di tanah suci menempati maktab wilayah Rei Bakhsy,” sambungnya.

Seiring dengan itu, Bupati HSU H Abdul Wahid HK menyampaikan ucapan selamat kepada jamaah calon haji HSU yang telah berhasil mengikuti bimbingan massal manasik jamaah calon haji, semoga apa yang sudah dipahami selama pelatihan dapat dipraktekkan dalam proses ibadah haji sehingga ibadah haji benar-benar sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW melalui sunah beliau.

Wahid juga berpesan kepada semua jamaah calon haji agar hendaknya selalu memperhatikan 3 aspek, yaitu pertama niat yang harus ditujukan semata hanya untuk mencari keridhaan Allah SWT, kedua manasik ibadah yang harus sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, dan yang ketiga aspek hikmah yang harus bisa mempengaruhi diri menjadi pribadi muslim yang selalu dihiasi dengan ahlak mulia baik pada diri sendiri maupun kepada orang lain.

Selain itu Wahid juga berharap pada seluruh jamaah calon haji HSU untuk selalu menjaga kesehatan baik secara fisik dan mental.

“Jamaah calon haji agar bisa menjaga kesehatan dan kebugaran badan dengan menjaga pola makan yang baik dan sehat serta olahraga secara teratur, sehingga pada saat keberangkatan ke Baitullah nanti kita benar-benar siap secara fisik dan mental, sehingga ibadah haji dengan baik dan khusyu’ dan penuh keiklasan,” harap Wahid. (Diskominfo/ricky/yudi).

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!