Kamis, 14 November 2019
Lingkungan Hidup

BUPATI PAPARKAN GERAKAN HSU BARASIH

AMUNTAI – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid HK memapaparkan “Gerakan HSU Barasih” yang merupakan gerakan kolaborasi stakeholders dalam pengelolaan persampahan menyeluruh dan berkelanjutan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Hal tersebut disampaikannya dalam kegiatan Kick Off Meeting Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman Provinsi Kalimatan Selatan Tahun 2019, bertempat di Gedung Bappeda Provinsi Kalsel di Banjarbaru, Rabu (24/4).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Wahid diminta untuk memaparkan program dan kegiatan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam pengelolaan persampahan yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Wahid menjelaskan, Gerakan Hulu Sungai Utara Barasih yang menargetkan Hulu Sungai Utara bebas sampah pada tahun 2025, adalah sebuah program kegiatan yang sudah menjadi aksi dalam menghadapi masalah persampahan di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

“Dengan membangun kerjasama bersama stakeholders dalam pengelolaan persampahan menyeluruh dan berkelanjutan Kabupaten Hulu Sungai Utara, melalui berbagai kolaborasi gerakan yang melibatkan semua komponen yang ada mulai dari jajaran Pemerintah Daerah, gerakan ini juga didukung oleh lembaga dan organisasi masyarakat, wanita, pemuda, dan sosial masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Utara,” sampainya.

Dalam mendukung kegiatan ini, Bupati HSU menerbitkan berbagai Peraturan Bupati Hulu Sungai Utara yang berkaitan dengan pengelolaan persampahan di Kabupaten Hulu Sungai Utara sebagai regulasi dari Gerakan HSU Barasih Ini. Berbagai sosialisasi dan penyuluhan juga telah disampaikan kepada masyarakat dan lembaga serta organisasi sebagai upaya untuk pencapaian target Hulu Sungai Utara Barasih Tahun 2025.

Selain itu, dalam upaya menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap sampah yang ada di lingkungannya, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup telah menghidupkan dan menciptakan bank-bank sampah sebagai upaya menciptakan sampah sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di samping berbagai kerjasama yang dijalin dengan dunia perbankan dalam usaha permodalan dari bank-bank sampah, sehingga berimbas dengan kuatnya lembaga bank sampah tersebut dan menjadi daya tarik masyarakat untuk lebih peduli dengan sampah yang dapat meningkatkan kesejahteraaan masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Sebelumnya, kegiatan Kick Off Meeting PPSP Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2019 ini dibuka oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, sekaligus membacakan sambutan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyambut baik terlaksananya kegiatan ini, dan berharap melalui kegiatan ini nantinya akan diperoleh kesepakatan dan sebagai penanda dari dimulainya Implementasi Pembangunan Sanitasi – Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing (Satu Wasaka) di 13 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan.

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!