Senin, 22 April 2019
Pemerintahan

BUPATI SAMPAIKAN PENTINGNYA MUSRENBANG TINGKAT BAWAH

Amuntai – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK mengemukakan betapa pentingnya musrenbang tingkat kecamatan, karena menurutnya forum ini menjadi media untuk menyepakati program prioritas yang berasal dari tingkat bawah.

Hal tersebut diungkapkannya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan yang digelar bersamaan oleh Kecamatan Sungai Tabukan dan Kecamatan Sungai Pandan, bertempat di Gedung Serbaguna Kecamatan Sungai Tabukan, Kamis (7/2).

Menurut Wahid, program prioritas yang diserap dari tingkat bawah melalui musrenbang tentunya diharapkan berdampak positif bagi peningkatan pembangunan daerah demi mewujudkan HSU MANTAP (Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis, dan Produktif). 

‎”Melalui forum inilah finalisasi program yang memang dinilai lebih prioritas, lebih dihajatkan, dan dibutuhkan orang banyak,” ucap Wahid.

‎Wahid menyebutkan keterbatasan dana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bukan halangan untuk membangun daerah, tentunya dengan memilah mana yang lebih diutamakan serta mempertimbangkan kepentingannya untuk masyarakat.

“Itulah yang utama, kepentingan orang banyak dulu. Kalau untuk kelompok kecil bisa kita tunda dulu pelaksanaannya,” tegasnya.

Terkait musrenbang, Camat Sungai Tabukan H. Syahbuddinnor, mengapresiasi antusiasme seluruh perwakilan peserta dari kedua kecamatan. Menurutnya ini sangat positif dan menjadi langkah awal dalam mewujudkan pembangunan pada tahun 2020 mendatang.

“Semoga semakin memacu program pembangunan di wilayah kecamatan masing-masing.‎ Musrenbang ini diawali musrenbang di setiap desa dan harapan besar masyarakat dapat terwujud tahun 2020 nanti,” harapnya.

Camat menyebutkan berbagai dinamika terjadi selama pelaksanaan musrenbang desa. Munculnya berbagai argumen dan inisiatif dari masyarakat, semuanya telah direspon dan dituangkan dalam dokumen rencana kerja. 

“Kami menghendaki hadirnya fasilitas umum seperti pasar desa (Pasar Sabtu dan Pasar Selasa). Kedua pasar ini hanya memanfaatkan pinggir jalan raya. Kami juga belum memiliki ‎mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas besar dan berharap bisa difasilitasi SKPD terkait dalam proses pengadaannya,” tuturnya.

Selain Bupati dan Camat beserta jajarannya, musrenbang tingkat kecamatan ini juga dihadiri Kepala Desa, BPD, Ketua TP PKK, ‎serta tokoh masyarakat. (Diskominfo/tim)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!