Senin, 23 September 2019
Kesehatan

CEGAH RESIKO KANKER ORGAN REPRODUKSI DARI SEKARANG

 

AMUNTAI – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Deteksi Dini Kanker Alat Reproduksi Terintegrasi Pelayanan KB MKJP, bertempat di aula DPPKB Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kamis(5/9).

Dalam sambutannya, Kepala DPPKB HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan yang kali ini melaksanakan sosialisasi di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan bekerjasama dengan DPPKB HSU.

Sosialisasi ini diikuti dari kalangan remaja, ibu-ibu, dan Tim Penggerak PKK Desa, dengan menghadirkan narasumber dr. Mahendra Prakosa yang memberikan pemahaman tentang Deteksi Dini Kanker Alat Reproduksi Terintegrasi Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Narasumber dr. Mahendra Prakosa yang juga Kasubag Kesehatan Reproduksi BKKBN Provinsi Kalsel menyampaikan, organ reproduksi menjadi salah satu bagian penting bagi kaum perempuan. Namun, banyak hal bisa mengancam kesehatan organ reproduksi itu, termasuk kanker, penyakit yang hingga kini masih identik dengan kesan menakutkan.

Sangat penting bagi kaum perempuan untuk mengenali gejala dan melakukan deteksi dini kanker yang menyerang organ reproduksi seperti indung telur (ovarium), rahim, leher rahim, serta payudara. Sebab, prinsip pengobatan kanker ialah semakin dini ditemukan dan diobati, semakin besar peluang keberhasilnnya. Contohnya kanker serviks, merupakan satu-satunya kanker yang sudah dipastikan penyebab utamanya, yaitu infeksi HPV, sehingga diperlukan vaksinasi untuk menangkal virus tersebut. Vaksinasi HPV bisa diberikan pada perempuan sejak usia 10 tahun.

“Karena itu, kaum perempuan perlu mengenali faktor resiko kanker organ reproduksi dan gejalanya, serta tidak ragu untuk segera berobat bila menemukan tanda-tanda yang mengarah pada kanker, jangan menunda-nunda,” pungkasnya. (Diskominfo/Alpian/Jimmy)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!