KesehatanPendidikan

DESA PAMINGGIR SEBERANG AKHIRI RANGKAIAN PENCANANGAN KAMPUNG KB DI HSU

AMUNTAI – Mengakhiri kegiatan Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tahun 2017, Desa Paminggir Seberang ditunjuk mewakili Kecamatan Paminggir melaksanakan Pencangan Kampung KB.

Kegiatan dilaksanakan di halaman SDN Paminggir Seberang, Desa Paminggir Seberang, Kecamatan Paminggir, Kabupaten HSU Kamis, (7/9).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plt. Sekretaris Daerah HSU drh. H. Suyadi, Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M.AP, Ketua Dharma Wanita Persatuan HSU, Camat Paminggir, Kepala Desa dan Ketua Tim Penggerak PKK se Kecamatan Paminggir, Polsek Danau Panggang, Polair HSU dan Polair Polda Kalsel, Koramil, tokoh dan segenap masyakat Desa Paminggir Seberang, serta Tim Nusantara Sehat dari Jakarta juga turut serta bersilaturahmi.

Kedatangan Sekretaris Daerah, DPPKB HSU serta rombongan lainnya disambut hangat masyarakat Desa Paminggir Seberang dengan pengalungan bunga dan alunan syair maulid habsyi. Pencanangan Kampung KB Desa Paminggir Seberang ini diresmikan oleh Plt. Sekda HSU drh H. Suyadi dengan pemotongan tali pita sebagai simbolis resminya pencanangan Kampung KB Desa Paminggir Seberang.

Kepala Desa Paminggir Seberang Sopianoor dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur atas terpilihnya Desa Paminggir Seberang sebagai Kampung KB di Tahun 2017. Harapan kedepannya semoga Desa Paminggir Seberang akan menjadi lebih baik dan akan lebih maju di semua bidang. Sopianoor meminta kedepannya pemerintah  mengadakan pembinaan atau sosialisasi kepada warganya agar dapat mengerti dan memahami lebih jauh tentang program KB.

“Pelaksanaan program KB di desa kami belum sesuai dengan apa yang kami harapkan. Terhitung jumlah pasangan usia subur 191 pasang, sedangkan peserta KB aktif sebanyak 117 pasang atau 61,29%, terdiri dari MOP 1 orang, kondom 2 orang, suntikan 82 orang, pil 27 orang, sedangkan IUD dan implan belum ada” pungkas Sopianoor.

Sementara itu Plt. Kepala DPPKB HSU Dra. Hj. Anisah Rasyidah Wahid, M.AP dalam sambutannya mengatakan berdasarkan surat keputusan Bupati HSU bahwa Kampung KB ada 10 desa di 10 kecamatan se Kabupaten HSU. Kesepuluh desa itu adalah Desa Karias Dalam Kecamatan Banjang, Desa Tuhuran Kecamatan Haur Gading, Desa Padang Luar Kecamatan Amuntai Utara,  Desa Simpang Empat Kecamatan Amuntai Selatan, Desa Hambuku Hulu Kecamatan Sungai Pandan, Desa Rantau Bujur Darat Kecamatan Sungai Tabukan, Desa Hambuku Baru Kecamatan Babirik,  Desa Telaga Mas Kecamatan Danau Panggang, Desa Mawar Sari Kecamatan Amuntai Tengah, dan Desa Paminggir Seberang Kecamatan Paminggir.

Anisah juga mengatakan diantara persyaratan Kampung KB ialah pencapaian KB masih kurang memuaskan, letak desa sulit dijangkau, dan kelompok pendukung kegiatan KB seperti Tribina dan UPPKS masih belum maksimal dijalankan atau memang masih belum ada.

Senada dengan Plt. DPPKB HSU, Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah HSU drh. H. Suyadi mengatakan Keluarga Berencana merupakan gerakan membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan cara mengatur jumlah dan jarak kelahiran. Terwujudnya Kampung KB memang harus didukung secara maksimal dan penuh kerjasama baik elemen masyarakat, pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten. Sebab keberhasilan dalam program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), meningkatkan kesehatan masyarakat, dan meningkatkan sumber daya ekonomi keluarga.

“Jangan hanya berhenti pada pencanangan tapi harus ada aksi nyata dan gerakan guna terwujudnya Kampung KB secara keseluruhan” tegas Suyadi.

Acara ditutup dengan penampilan kesenian, karate dan foto bersama. Plt. Sekda HSU dan Plt. Kepala DPPKB beserta rombongan juga menyempatkan diri meninjau unit pelayan KB dan kesehatan yang berlokasi tidak jauh dari titik pencanangan Kampung KB. (Diskominfo/Ami).

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU
Media Center - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara