Umum

DESA PAMINGGIR SEBERANG IKUTI PENILAIAN LOMBA DESA TINGKAT KABUPATEN

Meskipun terpencil dan berada pada wilayah paling luar Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), tidak menjadi kendala bagi warga Desa Paminggir Seberang untuk menorehkan prestasi.  Terbukti Desa Paminggir Seberang terpilih mewakili Kecamatan Paminggir pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2017.

Penilaian lomba desa di Kecamatan Paminggir oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa berlangsung pada Selasa (18/4), dihadiri oleh tim penilai lomba dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Desa Paminggir Seberang Supiannor mengatakan, warga Desa Paminggir Seberang sangat bangga karena desa mereka yang terpencil tetap mendapat perhatian dari pemerintah Kabupaten HSU, dan dipercaya menjadi Wakil Kecamatan Paminggir pada lomba desa tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2017.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Paminggir Seberang, Wardah menuturkan jika kegiatan Tim Penggerak PKK di desanya mendapat dukungan penuh dari ibu-ibu dan remaja putri di desa, sehingga sebagian diantara kegiatan ibu-ibu mampu meningkatkan pendapatan keluarga, seperti membuat produk minuman dari bahan tanaman dan buah-buahan.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD HSU, Juhriady selaku tim penilai lomba mengharapkan agar masyarakat desa bisa membentuk Badan Usaha Milik Desa atau BUMDES untuk meningkatkan pendapatan desa dengan memberdayakan semua potensi yaang ada di desa.

Juhriady juga mengingatkan, setiap tahunnya alokasi dana desa kemungkinan besar akan meningkat, sehingga perlu pengelolaan yang baik, agar dana desa yang diterima bisa dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat di desa.

Penilaian lomba desa dilanjutkan dengan peninjauan Kantor Sekretariat Desa, memeriksa kelengkapan administrasi dan melakukan wawancara dengan aparat desa, pengurus kelembagaaan desa dan anggota PKK desa setempat. (Diskominfo/Eddy)

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU
Media Center - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara