Rabu, 17 Oktober 2018
Umum

DESA PANAWAKAN IKUTI PENILAIAN LOMBA DESA TINGKAT PROVINSI KALSEL

 

Amuntai – Desa Panawakan Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018.

Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc saat menyambut kedatangan tim penilai lomba, Senin (7/5), mengutarakan harapan besar agar desa ini terpilih sebagai duta Kalsel dalam lomba tingkat nasional.

“Siapapun ketika mengikuti lomba pasti menginginkan juara, dan semoga tim penilai mempercayakannya kepada kami mewakili Kalsel,” harapnya.

Husairi menyebutkan bahwa penilaian perlombaan desa sangat penting, mengingat lomba desa sudah menjadi agenda nasional. Lomba desa juga menjadi penjabaran dan tindak lanjut Permendagri nomor 13 tahun 2007 tentang Perlombaan Desa dan Kelurahan.

“Lomba ini merupakan alat evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha masyarakat desa untuk mengetahui status tertentu dari capaian hasil kegiatan pembangunan,” terangnya.

Menurutnya lagi, indikator pembangunan yang ingin dilihat seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, keamanan, dan ketertiban. Selanjutnya tingkat partisipasi masyarakat bersama lembaga kemasyarakatan hingga pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“Kami yakin lomba desa ini untuk mempercepat pembangunan desa dengan sasaran akhir tercapainya kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Untuk itu menurut Wabup, pemerintah harus berkomitmen dan bertekad melaksanakan kegiatan dengan memberdayakan dan melibatkan peran seluruh lapisan masyarakat.

“Ingat, desa sebagai ujung tombak pemerintahan kita dan posisinya paling dekat dengan masyarakat, kita harus terus membina dan memberdayakannya,” cetus Wabup.

Husairi menambahkan, keberhasilan pembangunan di desa tidak terlepas dari kegigihan seorang kepala desa, baik di bidang pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan kemasyarakatan.

Sejalan dengan itu, Wabup berpesan melalui lomba desa agar tercipta koordinasi dan kerjasama antara pemerintahan desa dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang terus dibina dan ditingkatkan.

“Saya juga berharap jajaran pemerintahan desa dan tokoh masyarakat agar mampu mendorong dan menggerakkan semangat membangun masyarakat sesuai dengan potensi dan sumber daya yang ada,” pungkasnya. (Diskominfo/tim/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!