Rabu, 19 Desember 2018
Kesehatan

DESA PONDOK BABARIS DISOSIALISASI PEMBINAAN KELUARGA BERENCANA TRIBINA

 

Amuntai – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar sosialisasi pembinaan keluarga berencana keluarga Tribina (BKB, BKR, BKL) bagi kader desa Kampung KB, bertempat di balai Desa Pondok Babaris Kecamatan Sungai Pandan, Kamis (11/10).

Sosialisasi ini dibuka oleh Kasi Pelayanan dan Kesos Kecamatan Sungai Pandan, Elya Norfadmi, seraya berharap kepada sekitar 30 kader yang menjadi peserta agar mengikuti sosialisasi ini dengan baik, demi kemajuan Desa Pondok Babaris.

Kasi Pemberdayaan Keluarga DPPKB HSU, Suhaimi, menjelaskan bahwa Tribina yaitu Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Bina Keluarga Lansia (BKL). Program Tribina merupakan suatu wadah penyampaian informasi seperti BKB, BKR, BKL, yang kadernya dipilih oleh PLKB Kecamatan.

Menurutnya, program pemerintah tersebut harus dibentuk di setiap desa, guna ketahanan keluarga menuju keluarga sejahtera dalam hal pengendalian penduduk di Indonesia, sehingga ia menghimbau agar program tersebut benar-benar diterapkan di masyarakat

“Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan dukungan dan bantuan dari seluruh peserta yang merupakan kader penggerak di lini lapangan. Kader Tribina diharapkan dapat berkiprah sesuai dengan tujuan bidang masing-masing dan mendapat dukungan seluruh komponen, baik masyarakat, maupun pemerintah,” imbuhnya.

Seiring dengan itu, Sekretaris Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja, Yulianti, menjelaskan seputar peranan PIK Remaja yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pelayanan informasi dan konseling tentang remaja, mengingat kenakalan remaja banyak yang terjerumus pada lembah hitam, padahal mereka adalah kalangan anak remaja dan pelajar yang dari segi negatif mempunyai rasa ingin tahu yang begitu besar tanpa memikirkan resiko kedepannya.

”Tujuan PIK ini agar remaja terhindar dari triad KRR (narkoba, seks bebas, HIV/AIDS, dan Napza), serta mencegah pernikahan dini, mengingat remaja sekarang sangat rentan dengan seks bebas dan narkoba,” jelas Yulianti.

Mealui kegiatan ini, diharapkan para generasi muda dapat menghindari penyakit masyarakat yang setiap saat dapat menjerumuskan generasi bangsa Indonesia. (Diskominfo/tim/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!