Kamis, 14 November 2019
DesaKesehatanLingkungan Hidup

DESA SUNGAI NAMANG WAKILI KECAMATAN DANAU PANGGANG LOMBA “HATINYA” PKK

AMUNTAI – Desa Sungai Namang mewakili Kecamatan Danau Panggang dalam lomba Halaman Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman (HATINYA) PKK Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Tim penilai dari Pokja 3 yang membidangi pangan, sandang, perumahan, dan tata laksana rumah tangga TP PKK Kabupaten HSU bersama Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan melaksanakan penilaian di desa ini, Kamis pagi (28/3).

Dalam penilaian tersebut, Ketua TP PKK Desa Sungai Namang, Zuriah menceritakan, pengelolaan pemanfaatan halaman rumah di desa ini bermula dari kesadaran masyarakat untuk keperluan sendiri, sehingga mereka memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami berbagai tanaman, seperti seledri, jahe, jeruk nipis, belimbing wuluh, kemuning, daun dewa, mengkudu, dan lain-lain.

“Hasilnya sudah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, misalnya disaat anaknya sakit sudah tersedia tanaman obat untuk itu di sekitar tempat tinggalnya. Bahkan sudah sampai diperjualbelikan, di antaranya cabai dan seledri yang tentunya menambah penghasilan keluarga,” ungkap Zuriah.

Uniknya, tanaman di desa ini tidak semuanya ditanam menggunakan polybag yang dijual di pasaran. Sebagian menggunakan anyaman purun yang menyerupai bentuk polybag terbuat dari tanaman yang tumbuh di sekitar ladang warga.

Menurut Kepala Desa Sungai Namang Abdul Malik, anyaman purun tersebut dibuat oleh warga dan dibeli oleh desa untuk keperluan tanaman tersebut menggunakan dana desa yang dianggarkan oleh desa untuk program HATINYA PKK.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Fartinah Fahrudin mengungkapkan, kriteria penilaian pada lomba ini di antaranya jenis tanaman dan kebersihan lingkungan.

“Diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut, tidak hanya untuk diperlombakan, tetapi demi kemajuan desa dan demi kesejahteran masyarakat desa,” harapnya. (Diskominfo/Rahman)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!