Selasa, 10 Desember 2019
DesaUmum

DESA TIGARUN KECAMATAN AMUNTAI TENGAH WAKILI HSU LOMBA HATINYA PKK TINGKAT PROVINSI

AMUNTAI – Kedatangan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan sebagai tim penilai lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) disambut antusias oleh ibu-ibu kader PKK Desa Tigarun Kecamantan Amuntai Tengah sebagai objek penilaian, Kamis (22/8).

Terpilihnya Desa Tigarun Kecamatan Amuntai Tengah mewakili Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dalam lomba HATINYA PKK tingkat provinsi Kalimantan Selatan tidak terlepas dari terpilihnya desa Tigarun sebagai terbaik pertama di tingkat Kabupaten melalui lomba HATINYA PKK tahun 2019.

Tim penilai dari Pokja 3 yang membidangi pangan, sandang, perumahan, dan tata laksana rumah tangga TP PKK Provinsi Kalsel melakukan penilaian di desa Tigarun didampingi langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid.

Adapun objek penilaian dilakukan dengan memperhatikan beberapa indikator antara lain pemanfaatan pekarangan rumah, kebun gizi keluarga dengan buah dan sayur, apotik dengan tanaman obat tradisional, warung hidup dengan aneka bumbu dan rempah, serta tanaman pelindung/tanaman keras.

Tim penilai tampak terkesan dengan beberapa hal terkait HATINYA PKK Desa Tigarun, salah satunya pemanfaatan teknologi pembuatan pupuk organik yang berasal dari limbah rumah tangga.

Namun demikian, tim penilai tetap memberikan evaluasi terkait pembinaan yang telah diberikan, salah satunya agar lebih berinovasi dan terus menjaga kebersihan lingkungan.

“Pertama-tama yang perlu diperhatikan dalam penilaian HATINYA PKK adalah kebersihan lingkungan, yang kedua Inovasi yang memberikan ciri khas daerah,” ujar Anata salah satu dari tim penilai Pokja 3 TP PKK Provinsi Kalsel di sela-sela kegiatan.

Dirinya juga bersyukur Desa Tigarun mendapatkan pembinaan yang baik melalui HATINYA PKK baik dari TP PKK Kecamatan, Kabupaten, maupun para kader PKK desa sendiri.

Di samping disambut oleh para kader PKK Desa Tigarun, Kecamatan, dan Pokja 3 Kabupaten HSU, tampak hadir pula mendampingi para tim penilai, Kepala Desa Tigarun, Camat Amuntai Tengah, serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSU. (Diskominfo/wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!