Jumat, 15 Desember 2017
EkonomiPemerintahanUmum

DEWAN KETAHANAN PANGAN HSU GELAR RAPAT KOORDINASI

Amuntai – Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan rapat koordinasi, dengan tema “Membangun Pertanian Berkelanjutan Guna Pencapaian Kesejahteraan Petani Menuju HSU Mantap”, bertempat di Gedung Arsip Amuntai, Kamis (30/11).

Rapat Koordinasi ini dibuka Plt. Sekretaris Daerah mewakili Bupati HSU, dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSU, anggota Dewan Ketahanan Pangan HSU, dan jajaran SKPD terkait.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSU Fakhruddin, SE menyampaikan, ketahanan pangan merupakan salah satu kebijakan dari program kabinet kerja Jokowi-JK, salah satunya dari nawacita yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi.

“Dengan adanya rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan ini, diharapkan bisa menjadi bahan masukan kedepannya untuk penyusunan perencanaan untuk tahun depan”, kata Fakhruddin.

Seiring dengan itu, Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM., M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt. Sekda drh. H. Suyadi, mengatakan bahwa ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting, mencakup sisi jumlah, kualitas, harga, dan lain-lain.

“Ketahanan Pangan merupakan prioritas pembangunan. Ada tiga landasan penting yang melandasi keharusan adanya kesadaran dari masyarakat atas pentingnya ketahanan pangan, seperti akses pangan yang cukup dan bergizi bagi setiap penduduk, konsumsi pangan yang cukup. Ketahanan pangan merupakan basis bagi ketahanan ekonomi, dan ketahanan nasional yang berdaulat”, ujar Wahid dalam sambutan tertulis tersebut.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2002 tentang ketahanan pangan, Pemerintah menyelenggarakan pengaturan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan ketersediaan pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutu, aman, bergizi, beragam, merata, dan terjangkau oleh daya beli masyarakat.

Ketahanan Pangan tidak hanya mencakup ketersedian pangan yang cukup, tetapi juga kemampuan untuk mengakses termasuk membeli pangan, serta tidak terjadi ketergantungan pangan pada pihak manapun.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan Dr. Ir. H. Suparno mengungkapkan, ketersedian pangan di Kalimantan Selatan pada saat ini termasuk cukup. Sementara untuk distribusinya ke daerah-daerah pun sejauh ini dapat merata.

“Dinas-dinas terkait di Kalimantan Selatan, seperti Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian, harus bersinergi untuk ketersedian pangan di Kalimantan Selatan”, lanjut Suparno.

Menurut Suparno, jika daerah sudah benar-benar bisa mandiri akan kebutuhan pangan, maka besar kemungkinan daerah kita siap untuk melakukan ekspor (Diskominfo/ricky).

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU

Media Center – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara

error: Konten di lindungi !!