Kesehatan

DINAS KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN GELAR ACARA PENINGKATAN KAPASITAS PENJAMAH MAKANAN DI HSU

pesertaDinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara mengadakan acara “Peningkatan Kapasitas Penjamah Makanan” pada tanggal 24 – 25 Mei 2016, bertempat di Hotel Balqis Amuntai dengan narasumber dari Kasi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Nina Sandra, SKM., MM. Acara ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari pengusaha catering rumah makan, industri makanan rumah tangga, serta pelaku usaha bidang pangan lainnya.

Acara ini digelar untuk mensosialisasikan Undang-Undang No. 36 tahun 2009 yang berbunyi: “Makanan yang diperjualbelikan harus memenuhi standar dan persyaratan kesehatan, termasuk persyaratan kebersihan dan sanitasi (tidak tercemar kotoran, jasad renik, dan bahan berbahaya). Makanan yang tidak memenuhi standar dan persyaratan kesehatan harus dilarang diedarkan, ditarik dari peredaran, dan dimusnahkan”.

Melalui acara ini, Pemerintah melalui Dinas Kesehatan berupaya membuat suatu standar ukuran untuk keamanan pangan yang diikuti oleh seluruh penjamah makanan. Dinas Kesehatan diberikan tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan kepada penjamah makanan, dan diharapkan kepada seluruh peserta yang mengikuti agar dapat meningkatkan pengetahuan mengenai keamanan pangan, serta mempersiapkan peserta penjamah makanan untuk memperoleh sertifikat Higiene Sanitasi Pangan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara, drg. Isnur Hatta, MAP, makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia. Untuk itu, diharapkan agar para pelaku usaha yang bergelut di bidang pangan dapat memproduksi makanan sehat, sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Utara. (mn/amc)

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU
Media Center - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara