Rabu, 19 Desember 2018
Sosial

DINAS PENDIDIKAN HSU SERAHKAN 10 TON BANTUAN UNTUK KORBAN BENCANA

Amuntai – Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menyerahkan lebih dari 10 ton bantuan untuk para pengungsi korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala.

Dengan diterima langsung oleh Komandan Kodim 1001 Amuntai, bantuan ini langsung dibongkar muat oleh para petugas, baik dari Dinas Pendidikan maupun dari Kodim 1001 Amuntai, Selasa (9/10).

Adapun bantuan yang diserahkan berupa sembako, pakaian baru, popok bayi, makanan bayi, pembalut wanita, dan sebagainya dengan total sebanyak 27 item dengan berat lebih dari 10 ton.

Menurut H. Hamdani selaku koordinator, bantuan ini terkumpul dari seluruh sekolah yang ada di Kabupaten HSU, dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas. Bantuan berupa barang dan ada juga yang berupa uang tunai; uang tunai tersebut dibelikan barang-barang kebutuhan para pengungsi, seperti sembako, pakaian dan lainnya.

“Alhamdulillah, kita banyak mendapat respon dari seluruh sekolah yang ada di Kabupaten HSU. Terbukti dari hasil yang ada, hampir seluruh sekolah menyumbangkan baik berupa barang dan juga uang untuk membantu para korban di Palu sana. Ada yang mnyerahkan berupa uang tunai dan ada juga yang berupa barang, dan dari uang yang terkumpul kita belikan beras dan bahan lainnya,” ujarnya.

Hamdani berharap dengan adanya bantuan ini para korban yang tertimpa bencana di sana bisa terbantu dan teringankan beban penderitaannya.

Selanjutnya, Komandan Kodim 1001 Amuntai mengatakan, pembukaan posko bantuan ini berdasarkan perintah dari atasan untuk membantu para korban yang tertimpa musibah, yang dimana untuk bantuan tersebut akan dikumpulkan di Banjarmasin dan akan diangkut dengan kapal milik TNI Angkatan Laut.

Adapun untuk sementara ini, total bantuan dari masyarakat HSU yang diterima oleh Kodim 1001 Amuntai sejumlah 198 koli dengan total berat sekitar 25.997 kilogram.

Terkait penerimaan bantuan, akan dibuka dalam beberapa tahap. Untuk tahap pertama ini pihak Kodim 1001 Amuntai akan menutup penyerahan bantuan ini hingga tanggal 10 Oktober 2018. Hal ini dikarenakan untuk logistik direncanakan akan dikirimkan ke Banjarmasin pada tanggal 11 Oktober 2018.

“Untuk pembukaan posko bantuan ini memang berdasarkan perintah dari atasan, dan sementara ini untuk posko bantuan yang dibuka dari tanggal 4 oktober tadi sudah mengumpulkan sedikitnya 198 koli barang dengan total berat sekitar 25.997 kilogram. Belum lagi ditambah dengan bantuan yang kita terima hari ini dari Dinas Pendidikan HSU,” jelasnya.

Dari pantauan di lokasi, hampir seluruh ruangan yang ada di Kodim 1001 Amuntai saat ini sudah full terisi dengan berbagai macam bantuan, baik diserahkan oleh masyarakat langsung maupun dari berbagai instansi yang ada di wilayah Kabupaten HSU. (Diskominfo/dody).

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!