Senin, 14 Oktober 2019
InovasiKulinerPemerintahan

DINAS PERIKANAN HSU GELAR LOMBA MASAK SERBA IKAN

AMUNTAI – Dalam rangka menyukseskan program Gemar Makan Ikan (Gemarikan) serta lebih meragamkan berbagai menu dari olahan ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama TP PKK HSU menggelar Lomba Masak Serba Ikan, bertempat di halaman Kantor Dinas Perikanan HSU, Kamis (25/7).

Lomba masak serba ikan ini diikuti oleh peserta dari Tim Penggerak PKK perwakilan 10 Kecamatan dan 5 Kelurahan se-Kabupaten HSU.

Tidak hanya mengkreasikan olahan ikan, para peserta juga dituntut untuk menghasilkan menu-menu yang menarik dan inovatif sehingga dapat disukai baik dari segi penampilan maupun rasa.

Menurut Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten HSU Ismarlita, tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan memasak berbahan dasar ikan.

“Memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan dasar ikan kepada masyarakat, adanya inovasi menu masakan dari ikan, serta meningkatkan konsumsi ikan dan memberdayakannya,” kata Ismarlita.

Sementara itu, Bupati HSU yang diwakili Asistennya H Ahmad Rifaniansyah, menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki makna penting untuk menciptakan resep masakan yang kreatif dan inovatif guna mewujudkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi ikan.

“Kegiatan ini juga sebagai sarana sosialisasi dan mendorong masyarakat sehingga gemar makan ikan sebagai upaya meningkatkan gizi masyarakat, sehingga terbentuk generasi sehat, kuat, dan cerdas,” tuturnya.

Dengan letak geografis dan potensi perikanan yang besar bagi Kabupaten HSU, dirinya berharap pemerintah dan masyarakat mampu memanfaatkan kondisi demikian, salah satunya pengembangan budidaya perikanan dan perikanan tangkap.

Melalui kegiatan ini dirinya mengajak kepada seluruh pihak agar terus mensosialisasikan dan membudayakan Gemarikan melalui berbagai kegiatan.

“Untuk mewujudkan masyarakat Hulu Sungai Utara yang sehat, cerdas, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya saat membuka kegiatan.

Adapun pemenang dalam lomba masak ikan yang dibagi menjadi tiga kategori ini, pada kategori menu keluarga juara 1 diraih Tim Penggerak PKK Kelurahan Kebun Sari, juara 2 Kecamatan Amuntai tengah, dan Juara 3 Kecamatan Amuntai utara.

Pada kategori menu kudapan, juara 1 diraih oleh TP PKK Kelurahan Kebun Sari, Juara 2 Kecamatan Amuntai Utara, dan Juara 3 diraih TP PKK Kecamatan Amuntai tengah.

Sedangkan pada kategori menu balita, juara 1 juga diraih oleh TP PKK Kelurahan Kebun Sari, juara 2 Kecamatan Amuntai Tengah, dan juara 3 TP PKK Kecamatan Amuntai Utara. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!