Senin, 21 Oktober 2019
Pemerintahan

DINAS PERINDUSTRIAN KALSEL SOSIALISASIKAN APLIKASI SII-KALSEL DI HSU

AMUNTAI – Perlunya data pelaku industri sebagai dasar pengembangan industri, promosi produk, kemampuan daya saing produk, dan sebagainya menjadi dasar diluncurkannya Sistem Informasi Industri Kalimantan Selatan (SII-KALSEL) berbasis web oleh Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel, Ibnu, saat memberikan arahan dalam sosialisasi aplikasi SII-KALSEL kepada para petugas pengumpul data industri Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), di Amuntai, Selasa (27/8).

Menurut Ibnu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana cara melakukan pendataan para pelaku industri di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang mana selanjutnya datanya dapat dilaporkan melalui penginputan data aplikasi.

“Pelaksanaan kegiatan ini akan kita mulai dari kecamatan-kecamatan, dengan meminta bantuan kepada para pengumpul data industri untuk bersama-sama mengumpulkan data aktivitas masyarakat yang dikategorikan sebagai industri, baik industri kecil, menengah maupun industri besar,” katanya.

Menurut Ibnu, selama ini informasi data para pelaku industri khususnya di Kalimantan Selatan sangatlah minim, padahal data pelaku industri terkadang bertambah dan bisa berkurang.

Oleh karenanya, dirinya berharap dengan adanya aplikasi ini, berbagai permasalahan mulai dari usulan, perencanaan, sampai dengan anggaran, dapat dimonitor dan dievaluasi melalui data online oleh pemerintah.

Dari informasinya pula, ada 7 Kabupaten/Kota yang telah diberikan sosialisasi penggunaan input data aplikasi ini, tinggal 6 kabupaten yang menyusul, sehingga ditargetkan pada akhirnya tahun 2019 semua data pelaku industri dapat diperoleh dengan valid.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop-UKM HSU Akhmad Redhani Effendi melalui Sekretarisnya menjelaskan, penghimpunan dana pelaku industri melalui aplikasi ini sangat memberikan manfaat bagi para pelaku industri di Kabupaten Hulu Sungai Utara kedepannya.

“Melalui data tersebut nantinya dapat membantu pemerintah menindaklanjuti perencanaan bagi para pelaku industri,” pungkasnya. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!