Pendidikan

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN HSU LAKUKAN BIMBINGAN PEMUSTAKA BAGI MAHASISWA BARU

Menyambut mahasiswa baru 2017 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan Bimbingan Pemustaka dengan tema “Mari Bersama Cerdaskan Bangsa Menuju Indonesia Berbudaya Baca”, Kamis (14/9) di Aula Perpustakaan Daerah HSU.

Bimbingan Pemustaka yang diikuti oleh mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) dan Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) Amuntai bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru tempat perpustakaan dan sistem yang ada di perpustakaan.

Kasi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Hj. Mahdalena S.Sos dalam laporannya menyampaikan kegiatan Bimbingan Pemustaka ini merupakan pelaksanaan Program dan Kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten HSU Tahun 2017.  Kegiatan ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang  Pelaksanaan Perpustakaan.

Menurut Mahdalena bimbingan pemustaka, dalam istilah Ilmu Perpustakaan dan Informasi disebut dengan Library Instruction, bibliographic instruction (BI), user education dan library orientation,  berisi program bimbingan yang dirancang untuk mengajari pemustaka agar memperoleh informasi yang mereka perlukan dengan cepat dan efektif.

“Walaupun banyak orang menganggap bimbingan pemustaka berkembang di luar pelayanan referensi, namun bimbingan dan pelayanan referensi itu merupakan reaksi terhadap mereka yang tidak bisa menggunakan perpustakaan secara efektif. Walaupun pemustaka itu seorang spesialis maupun ilmuwan”, ujar Mahdalena.

Lebih lanjut Mahdalena menyampaikan bahwa bimbingan ini disiapkan untuk pemustaka (user) agar mampu menggunakan informasi langsung dan seumur hidupnya secara efektif dengan mengajarkan konsep dan logika akses informasi serta evaluasi dan mendukung pengembangan informasi dengan berfikir kritis dan mandiri.

Plt. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten HSU Hj. Lailatanur Raudah, S.Sos, M.Si berharap dengan bimbingan pemustaka ini agar para mahasiswa dapat  memaksimalkan pelayanan mencari referensi untuk mengoptimalkan pembelajaran bagi mahasiswa baru di kampus STIA dan STIPER.

“Kemampuan pemustaka dalam memanfaatkan perpustakaan merupakan dasar yang amat penting dalam mencapai keberhasilan pendidikan.  Namun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pemustaka di perguruan tinggi yang belum secara optimal memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten HSU mengadakan Bimbingan Pemustaka”, kata Laila (Diskominfo/Faisal/Wahyu).

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU
Media Center - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara