Kamis, 16 Agustus 2018
Kesehatan

DINKES HSU GELAR SOSIALISASI KESEHATAN LANSIA

Amuntai- Dalam rangka menyambut Hari Lanjut Usia Nasional, Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan sosialisasi tentang kesehatan lanjut usia (lansia), Selasa (15/5).

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan lansia yang sehat dan mandiri, dengan tema “Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia” dan sub tema “Lansia Sehat dan Mandiri diwujudkan dari Keluarga Sehat”.

Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan HSU dr. H. Agus Fidliansyah, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kesehatan yang merupakan hak setiap manusia. Oleh karena itu, kesehatan berhak dimiliki sejak janin dalam kandungan sampai ia tumbuh dewasa dan menjadi lansia.

“Perlunya membangun kepedulian terhadap lanjut usia. Negara Indonesia juga telah memberikan perhatian yang tinggi terhadap kesejahteraan lansia, dengan menjamin kebutuhan dan akuntabilitas lansia di masyarakat. Untuk itu perlu pengabdian dan totalitas segenap komponen bangsa untuk bersama-sama melindungi, menyayangi, dan meningkatkan taraf hidup lansia. Diharapkan tahun 2025 terwujud lansia sejahtera,” kata Agus.

Agus menambahkan, indikator umur harapan hidup di daerah HSU saat ini berkisar antara 62 sampai 63 tahun. Diantara cara agar mewujudkan peningkatan usia harapan hidup adalah dengan meningkatkan nutrisi bagi ibu hamil agar ibu dan bayi sehat, serta memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, sehingga anak dapat tumbuh, bersekolah, bekerja, dan pada akhirnya memasuki tahap lansia, menjadi lansia yang mandiri dan tidak membebani.

“Diharapkan terwujud lansia yang sehat jasmani dan rohani, menjaga pola makan, pola hidup sehat, dan rajin melakukan cek kesehatan agar menjadi lansia yang mandiri dan sehat,” harapnya.

Seiring dengan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara Dra. Hj. Anisah Rasyidah, M.AP yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan sehubungan dengan adanya hari lansia, diantaranya senam lansia, seminar, lomba menyusun poster, dan pesan berantai untuk uji fisik dan mental.

Anisah mengatakan, sekarang ada inovasi terbaru, yaitu kartu menuju sehat untuk wanita usia subur. Selain itu juga perlu dilakukan deteksi dini pada remaja berupa pemeriksaan kesehatan kepada remaja, misalnya deteksi anemia bagi remaja.

“Sehingga tercipta wanita yang cerdas, kreatif dan inovatif. Mari persiapkan kesehatan untuk pembangunan kesehatan. Pembangunan di Indonesia sudah berhasil menurunkan angka kematian bayi dan menghasilkan perbaikan gizi,” kata Anisah. (Diskominfo/ihsan/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!