Jumat, 15 Desember 2017
Kesehatan

Dinkes HSU Laksanakan Penyuluhan Keamanan Pangan untuk I-RTP


Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) untuk Industri Rumah Tangga Pangan (I-RTP) di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara bertempat di Aula Sehat Dinas Kesehatan HSU, Senin – Selasa tangga 27 – 28 Nopember 2017.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pengelola / pemilik I-RTP agar mengetahui tata cara mendapatkan perizinan usaha, cara pengemasan, Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan, serta hygiene sanitasi untuk I-RTP itu sendiri.

Kegiatan ini diikuti oleh 71 peserta pemilik usaha I-RTP di Kabupaten HSU. Dengan mengikuti kegiatan penyuluhan, pengelola I-RTP akan mendapatkan sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten HSU untuk melengkapi persyaratan perizinan P-IRT.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes HSU Eddy Hadriannor, S.Sos, sebagai salah satu narasumber kegiatan penyuluhan mengingatkan kepada pengelola / pemilik I-RTP di Kabupaten HSU agar selalu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan usaha yang dimiliki baik dari segi perizinan maupun perundang-undangan yang berlaku di bidang I-RTP.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan HSU dr. H. Agus Fidliansyah dalam rangkaian acara penyuluhan tersebut sempat mengadakan tanya jawab dengan peserta untuk mengevaluasi sejauh mana pengetahuan mereka setelah mendapatkan materi penyuluhan, diantaranya tentang sejauhmana pengetahuan peserta tentang Bahan Tambahan Pangan dan Hygiene dan Sanitasi I-RTP.

“Jangan memilih bahan tambahan pangan yang berbahaya dan tidak diperbolehkan, karena dapat menyebabkan orang lain menjadi sakit karena produk yang dicampur bahan yang tidak diperbolehkan tersebut. Hal ini bisa membuat pemilik dan produsennya bisa terkena sanksi hukum”, tegas Agus (Dinkes/Yuli).

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU

Media Center – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara

error: Konten di lindungi !!