Rabu, 19 Desember 2018
Sosialisasi

DINSOS HSU SOSIALISASIKAN PROGRAM PSBW

Amuntai – Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan sosialisasi program Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati Provinsi Kalimantan Kalimantan Selatan, bertempat di aula Dinsos HSU, Selasa (13/3).

Sosialisasi ini diikuti puluhan warga HSU, dihadiri Kepala Dinas Sosial HSU H. Rizali Eswansyah, S.Sos , Kepala PSBW Melati Provinsi Kalsel Hj. Fathul Jannah, S.S beserta rombongan, dan perwakilan Tim Penggerak PKK Kabupaten HSU.

Kepala Dinas Sosial HSU H. Rizali Eswansyah mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk menambah minat masyarakat HSU dalam program PSWB, karena peminat di Kabupaten HSU masih belum maksimal.

“Berdasarkan data Dinas Sosial Kabupaten HSU, jumlah wanita yang rawan sosial di Kabupaten HSU sekitar 2040 orang, sehingga program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang rawan sosial ini”, kata Rizali.

Rizali menambahkan, salah satu program PSBW ini yaitu pelatihan keterampilan yang menunjang dalam segi sosial dan ekonomi.

“Pemerintah sangat mendukung program PSBW ini, karena sangat banyak manfaat bagi masyarakat HSU khususnya wanita yang rawan sosial. Pemerintah Daerah nantinya juga akan memberikan total uang harian sekitar 1,5 juta rupiah di akhir pelatihan untuk menambah modal peserta dalam pelatihan yang akan digelar selama 6 bulan”, tambah Rizali.

Seiring dengan itu, Kepala PSBW Melati Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Fathul Jannah menjelaskan, wanita rawan sosial ekonomi adalah wanita dewasa yang belum menikah ataupun sudah pernah menikah tetapi penghasilannya tidak mencukupi kebutuhan sehari-sehari.

“Visi dari program PSBW Melati ini untuk melatih wanita dengan pelatihan keterampilan agar bisa mandiri mencukupi kebutuhan sehari-sehari”, kata Fathul Jannah.

Adapun syarat-syarat peserta pelatihan nantinya antara lain wanita rawan sosial, sehat jasmani dan rohani, usia dari 20-50 tahun, tidak dalam keadaan hamil, bersedia tinggal di asrama, bersedia mengikuti program selama 6 bulan, serta melampirkan surat keterangan tidak mampu dari desa/kelurahan setempat dan surat rekomendasi dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota.

Di Panti Sosial Bina Wanita akan mendapatkan program pelatihan keterampilan yang terbagi dua, yaitu program keterampilan pilihan berupa latihan tata busana, tata boga, dan tata rias, sedangkan keterampilan wajib berupa keagamaan, pelatihan komputer dasar, pembuatan kain sasirangan, pembuatan kain perca, dan keterampilan home industri.

Kasi Pelayanan PSBW Agus Mailina, S.Sos dan Kasi Pembinaan PSBW Rita, S.Sos menambahkan, hak-hak peserta PSBW yang dipenuhi oleh pihak panti berupa pakaian olahraga, sepatu olahraga, satu set pakaian dalam, dua pakaian daster, kebutuhan mandi, dan kebutuhan lainnya seperti pembalut. Selain itu bahan-bahan dan peralatan yang didapat oleh peserta untuk setiap keterampilan yang dipilih peserta juga diberikan secara gratis. (Diskominfo/faisal/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!