Selasa, 10 Desember 2019
PemerintahanPendidikan

DISDIK GELAR GEBYAR SEKOLAH MODEL SPMI

AMUNTAI – Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar kegiatan Gebyar Sekolah Model SPMI tingkat kabupaten HSU selama dua hari 29-30 Oktober di halaman kantor Disdik HSU di Amuntai.

Pembukaannya berlangsung cukup meriah karena dihadiri para guru dan siswa dari 13 sekolah yang menjadi sekolah percontohan SPMI (Sistem Penjamin Mutu Internal).

Ketua Panitia Misran menyampaikan, sebanyak 13 sekolah model SPMI tersebut adalah SMKN Babirik, SDN Bayur, SDN Sei Turak, SDN Palampitan, SDN Jumba 1, SMPN 4 Amuntai, SMPN 7 Amuntai, SMPN 1 Sei Pandan, SMAN 1 Danau Panggang, SDN Babirik Hulu, dan SDN Pematang Benteng.

Acara Gebyar dibuka secara resmi oleh Kepala Disdik HSU H Rahmat dengan didampingi Pejabat dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) DR H Arif Sriwiyana yang dilanjutkan peninjauan ke stand pameran sekolah.

Arif Sriwiyana mengatakan, biasanya event Gebyar Sekolah Model SPMI dilaksanakan di tingkat provinsi Kalsel oleh LPMP, namun agar pesertanya lebih banyak, diputuskan penyelenggaraannya di tingkat kabupaten/kota masing-masing.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan Gebyar ini menjadi khazanah bagi jajaran pendidikan di daerah untuk meningkatkan mutu pendidikan,” katanya.

Kepala Disdik HSU H Rahmat mengatakan, sesuai visi Disdik HSU memang sangat mengutamakan mutu pendidikan.

“Sekarang ini apabila kita berbicara tentang pendidikan, berarti kita bicara tentang mutu atau kualitas,” kata Rahmat.

Menurutnya, beda dengan pendidikan zaman dulu yang masih mengangkat persoalan mengenai akses pendidikan, sebab saat itu jumlah lembaga pendidikan masih sedikit. Sekarang sekolah dikatakan berkualitas apabila mampu meraih prestasi dengan proses belajar mengajar yang menyenangkan.

“Gurunya gembira, murid juga gembira, siswa jangan dibebani tugas belajar yang berat,” lanjutnya.

Rahmat tidak setuju apabila penilaian terhadap sekolah bermutu hanya dititikberatkan pada aspek nilai ujian, capaian nilai rata-rata tertinggi dan sebagainya.

Sebagaimana kegiatan Gebyar ini, kata Rahmat, suasana menyenangkan mewarnai kegiatan siswa seperti pentas seni, peragaan busana, dan lainnya.

Rahmat berharap warga masyarakat, kalangan pejabat pemerintah daerah bisa berkunjung melihat pameran dan suasana gebyar di halaman kantor Didik yang akan berakhir pada Rabu 30 Oktober 2019 pukul 16.00 wita. (Diskominfo/Eddy Abdillah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!