Rabu, 17 Oktober 2018
KependudukanPemerintahan

USIA 16 TAHUN SUDAH BISA REKAM E-KTP

Amuntai – Guna memenuhi daftar pemilih baru dalam Pilkada dan Pilpres di Pemilu 2019 mendatang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) membuka peluang bagi masyarakat umum yang umurnya 16 tahun untuk melakukan perekaman data e-KTP.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil HSU Hj. Ida Rimalina saat menggelar sosialisasi serta program percepatan pencapaian target nasional perekaman e-KTP di
Desa Rantau Karau Tengah Kecamatan Sungai Pandan, Kamis (2/8).

Dikatakannya, sehubungan dengan Pemilu 2019 mendatang, guna memenuhi syarat untuk dapat menggunakan hak pilih khususnya para peserta pemilih baru berusia muda seperti pelajar, Disdukcapil HSU membuka peluang untuk dapat menggunakan kesempatan tersebut dengan cara mendaftar atau melakukan perekaman e-KTP terlebih dahulu, meski usianya masih 16 tahun.

“Dengan demikian, tahun 2019 mendatang ia dapat memberikan hak suara pemilih sebagai warga negara pada saat usianya mencapai 17 tahun” ungkap Ida.

Kendati sudah melakukan rekam data, Disdukcapil hanya dapat memberikan surat keterangan kepada warga tersebut berupa surat keterangan bahwa telah melakukan perekaman data e-KTP.

“Namun untuk mendapatkan e-KTP sendiri menunggu sampai usianya mencapai genap 17 tahun,” lanjut Ida.

Dengan demikian diharapkan melalui proses rekam data e-KTP tersebut, remaja yang pada tahun 2019 mendatang sudah berusia 17 tahun, disamping mendapatkan hak suara dalam pemilu, ia juga tidak perlu lagi melakukan rekam data.

“Tinggal menunggu proses pembuatan e-KTP tersebut saja lagi,” tambahnya.

Diketahui, selama tahun 2018 ini melalui program percepatan pencapaian target nasional perekaman e-KTP, Disdukcapil HSU berupaya untuk menuntaskan program pemerintah tersebut, salah satunya dengan melakukan “jemput bola” guna melakukan pelayanan langsung ke desa-desa yang dilaksanakan kegiatan sosialisasi serta perekaman e-KTP. (Diskominfo/wahyu/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!