Rabu, 26 September 2018
Pemerintahan

DISDUKCAPIL HSU “JEMPUT BOLA” REKAM DATA E-KTP

Amuntai – Meski permasalahan KTP Elektronik (e-KTP) di Indonesia masih belum tuntas, hal itu tidak sepenuhnya menghambat berjalannya program Pemerintah Pusat tersebut. Hal ini dibuktikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dalam rangka menuntaskan program tersebut di tengah-tengah masyarakat, bahkan hingga ke daerah-daerah pelosok.

Kendati masih banyak masyarakat yang belum terjangkau program pemerintah tersebut, kerja tim Disdukcapil HSU patut diacungi jempol, karena telah banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat luas, terutama kepada masyarakat yang berada jauh dari pusat kota.

Seperti yang dilakukan oleh tim Disdukcapil Kabupaten HSU baru-baru ini, dengan membawa peralatan untuk perekaman data e-KTP seperti laptop, printer, kamera, dan peralatan lainnya; mereka mendatangi Desa-Desa yang selama ini jauh dari pusat kota, bahkan berada di kawasan yang sangat sulit diakses dengan kendaraan bermotor, kecuali dengan perahu atau klotok (perahu bermotor), karena ada beberapa daerah di Kabupaten HSU yang hanya dapat diakses melalui jalur air.

Contohnya saja saat kedatangan tim Disdukcapil yang melakukan kegiatan percepatan perekaman e-KTP sekaligus sosialisasi pembuatan dokumen kependudukan di Desa Padang Bangkal Kecamatan Sungai Pandan, mereka disambut antusias lantaran selama ini banyak dari warga Desa Padang Bangkal yang belum memiliki KTP elektronik dengan berbagai alasan, mulai dari permasalahan sulitnya merekam pembutan e-KTP yang harus ke kantor Disdukcapil HSU hingga berbagai permasalahan lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa Padang Bangkal Abdurrahim. Menurutnya program jemput bola yang dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten HSU ini sangat banyak membantu warga, terutama untuk warga yang selama ini belum pernah sama sekali mendapatkan layanan program e-KTP ini.

“Selama ini, banyaknya warga desa yang tidak memiliki KTP disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari akses yang sulit hingga warga desa yang tidak sempat membuat KTP ulang karena sedang bekerja di luar daerah”, ungkap Abdurrahim.

Dia pun berharap adanya kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh warga setempat yang selama ini belum mempunyai KTP elektronik.

Karena mudahnya proses perekaman data untuk e-KTP tersebut, seorang pelajar warga Desa Padang Bangkal, Khadijah mengaku senang karena mempermudah dirinya dalam melakukan pembuatan e-KTP, walupun ternyata masih ada sebagian dari teman-teman seusianya yang tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk mengikuti rekam data dengan alasan sedang sekolah.

“Padahal sebelumnya sudah diberitahukan oleh Kepala Desa untuk dapat meluangkan waktu melakukan proses perekaman data untul e-KTP”, ungkap pelajar yang baru pertama kali membuat KTP ini.

Sementara itu, Kabid Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil HSU Hj. Ida Rimalina mengatakan, kegiatan ini merupakan pelaksanaan percepatan pencapaian target nasional perekaman e-KTP tahun 2018 di tempat-tempat seperti Desa yang selama ini banyak dari penduduknya tidak mempunyai KTP terutama e-KTP.

Dikatakannya, selama ini ada sekitar 40 Desa di Kabupaten HSU yang ditargetkan untuk pelayanan perekaman e-KTP dan lainnya, sedangkan untuk Desa-Desa yang sudah dilakukan kegiatan pelayanan ini sudah mencapai 9 Desa, termasuk Desa Padang Bangkal kali ini.

“Selama ini kami berkomunikasi dengan aparat Desa setempat sebelum melakukan kegiatan ini, apakah masih banyak warga yang belum melakukan perekaman e-KTP. Kalau masih ada, walaupun sekitar 20 orang, tetap kami datangi. Guna memudahkan proses perekaman warga, kami yang mendatangi langsung masyarakat”, pungkasnya. (Diskominfo/wahyu/indah).

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!