Senin, 21 Oktober 2019
Pemerintahan

DISKOMINFO HSU SOSIALISASIKAN SP4N LAPOR

AMUNTAI – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Hulu Sungai Utara (HSU) bekerjasama dengan Diskominfo provinsi Kalimantan Selatan, menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) bagi pejabat Kordinator dan Penghubung seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Bimtek yang dilaksanakan di aula BPKAD HSU, Senin (7/10) ini disamping dihadiri para pejabat SKPD dan para pegawai petugas administrasi penghubung SKPD dan Kecamatan, hadir dalam kesempatan ini Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel Gusti Yanuar Nor Rifa’i dan Perwakilan Ombudsman Provinsi Kalsel Norkhalis Majid selaku narasumber dalam kegiatan ini.

Kepala Diskominfo HSU H Adi Lesmana, dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan SP4N LAPOR sebagai kanal pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional secara online bagi para pejabat kordinator, pejabat penghubung di seluruh SKPD. Sehingga berdampak kepada pelayanan publik yang maksimal bagi warga masyarakat.

Dikatakannya, LAPOR sendiri adalah aplikasi media sosial pertama di Indonesia yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah serta mudah diakses, sehingga dalam aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik.

“Melalui aplikasi LAPOR ini, masyarakat umum dapat mengirimkan laporannya melalui berbagai media termasuk website, SMS 1708, dan juga aplikasi mobile,” jelas Adi Lesmana.

Samentara itu, Bupati HSU H Abdul Wahid HK saat membuka kegiatan ini menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan yang diinisiasi Diskominfo HSU serta dihadiri langsung oleh Diskominfo Provinsi Kalsel dan Ombudsman Kalsel selalu narasumber.

Diakui Wahid, kegiatan ini memiliki makna penting guna meningkatkan pemahaman, kapasitas, dan keterampilan aparatur pemerintah dalam mengelola pengaduan publik serta kebijakan pelayanan publik yang efisien dan efektif.

“Sebagai komitmen kita bersama penerapan SP4N- LAPOR, kami harapkan pimpinan SKPD dapat sungguh menindaklanjuti dan melaksanakan kebijakan strategis dalam pelayanan publik dengan baik dan penuh tanggung jawab,” pungkasnya. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!