Senin, 21 Oktober 2019
Lingkungan Hidup

DISPERKIM-LH GELAR PEMBINAAN PENGELOLAAN PERSAMPAHAN

AMUNTAI – Dinas Perumahan, Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim-LH) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Pembinaan Pengelolaan Persampahan denga tema Menata Desa Membangun Banua Menuju HSU Bebas Sampah 2025, bertempat di Gedung Agung Amuntai , Senin (24/6).

Kepala Disperkim-LH HSU Rusnaidy mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam rangka pengelolaan persampahan.

“Kegiatan ini berkaitan dengan adanya peraturan presiden (perpres) mengenai kebijakan strategi nasional dalam rangka pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga, perpres nomor 97 tahun 2017,” ujar Rusnaidy.

Rusnaidy menambahkan, sebagai implementasinya Pemerintah Provinsi dan Kabupaten menyusun kebijakan strategi daerah (Jaksrada) dalam rangka pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

“Sampah menjadi permasalahan nasional, dan sampah ini merupakan kewajiban pemerintah daerah, pemerintah provinsi maupun kabapeten hingga tahap kecamatan, kelurahan, desa dalam pengelolaan sampah untuk dikurangi dan ditangani,” pungkasnya.

Adapun Asbiani selalu Fungsional Widyaiswara Bidang Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel mengatakan, yang menjadi dasar kebijakan dasar strategi nasional dan daerah adalah pengurangan dan penanganan sampah.

“Untuk pengurangan sekitar 30 persen tahun 2025 dan untuk penanganan 70 persen,” ujar Asbiani.

Asbiani menambahkan, untuk pengurangan sampah 30 persen target sasarannya adalah masyarakat entah itu pejabat, pegawai negeri, dan masyarakat biasa untuk mengurangi sampah dalam kehidupan sehari hari.

“Dan untuk penanganan 70 persen memang domain di pemerintah, dimana di HSU domain sampah organik yang penanganannya sangat mudah, seperti pembuatan kompos dan pupuk,” jelasnya.

“Jaksrada yang telah disusun ada target-target nya, untuk bersama-sama kita kerjakan, meskipun tantangan banyak karena mengubah perilaku dan kebiasaan tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka kesadaran perlu dari diri kita mencoba untuk ramah lingkungan,” harapnya. (Diskominfo/ricky/jimmy)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!