Selasa, 10 Desember 2019
Pemerintahan

DISPERSIP HSU GELAR BIMTEK PENGELOLA PERPUSTAKAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

AMUNTAI – Guna meningkatkan kompetensi bagi pengelola perpustakaan khususnya di lingkungan pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelola perpustakaan berbasis teknologi informasi (Inlislite 3.1) se-Kabupaten HSU.

Bimtek yang digelar selama dua hari (26-27 November 2019) di aula Dispersip HSU, Selasa (26/11), melibatkan Diskominfo HSU sebagai narasumbernya.

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi sumber daya perpustakaan dan pustakawan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi serta menjadikan perpustakaan sebagai lembaga perkembangan,” ungkap Hj Mahdalena selaku Kasi Pembinaan, Pengembangan, dan Tenaga Perpustakaan Dispersip HSU.

Adapun 50 peserta yang ikut dalam bimtek kali ini sendiri berasal dari pengelola perpustakaan se-Kabupaten HSU yakni berasal dari perguruan tinggi, pengelola perpustakaan sekolah-sekolah SD/MI, MTs/SLTP, SMA/SMK/MA” serta pengelola perpustakaan Kecamatan dan Desa.

Kepala Dispersip HSU Hj Lailatannur Raudhah saat membuka kegiatan mengatakan, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi sekarang yang semakin hari cepat, perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi harus dapat berkontribusi dalam memberikan pelayanan bagi pengguna perpustakaan itu sendiri secara cepat, tepat, dan akurat.

“Perkembangan teknologi informasi itu sendiri juga dapat diaplikasikan dalam pelayanan perpustakaan, agar kemudahan, keefektifan, dan kecepatan pemustaka selalu dapat terlayani dengan baik,” terang Lailatannur Raudhah.

Ia menyampaikan, bahwa era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ditandai dengan berbagai kemudahan, dengan dukungan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.

Layanan-layanan elektronik yang semula manual saat ini mengarah menggunakan bantuan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.

“Berbagai fitur aplikasi media elektronik sekarang sedang berkembang sedemikian rupa untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi, di antaranya jurnal-jurnal elektronik, E-jurnal, E-pusnas, dan aplikasi perpustakaan berbasis digital yang dapat anda nikmati dalam genggaman masyarakat Indonesia,” terangnya.

Melalui kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan nantinya pengelola perpustakaan dapat menerapkan teknologi informasi di perpustakaannya masing-masing agar dapat memudahkan pekerjaan di perpustakaan baik itu perpustakaan perguruan tinggi, sekolah, perpustakaan Kecamatan, maupun perpustakaan desa.

Ia menegaskan, seorang pustakawan tidak hanya sebatas berbagai media informasi tetapi lebih kepada mengolah isi yang terkandung di dalamnya, perpaduan antara perpustakaan tradisional dan perpustakaan digital.

“Semoga dampak kegiatan ini nantinya menuju ke arah yang lebih baik dalam melayani pemustakanya dan dapat meningkatkan pengetahuan pengelola perpustakaan dalam pengembangan teknologi informasi dan nantinya akan berdampak pada peningkatan minat dan budaya masyarakat dan gemar membaca,” pungkasnya. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!