Selasa, 10 Desember 2019
Pemerintahan

DPPKB HSU GELAR ORIENTASI MKJP

AMUNTAI – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan Orientasi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) bagi Tokoh Agama tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), bertempat di aula DPPKB HSU, Rabu (16/10).

Peserta diikuti Tokoh Agama dari 5 kecamatan terdekat, yaitu Kecamatan Amuntai Tengah, Kecamatan Amuntai Utara, Kecamatan Amuntai Selatan, Kecamatan Banjang, Kecamatan Haur Gading, dan Koordinator Penyuluh KB sekabupaten Hulu Sungai Utara kurang lebih 50 peserta. Dengan Narasumber Ketua MUI H. M. Said Masrawan dan dari Dinas Kesehatan dr. Mida Sari.

Dalam orientasi ini juga hadir Kepala DPPKB HSU HJ. Anisah Rasyidah, Sekretaris DPPKB HSU Aidillah, Kabid KSPK Vivi Suprihati, dan Kabid KBKR H. Taberani.

Dalam sambutannya, Ketua DPPKB HSU Hj. Anisah Rasyidah menyampaikan, program kependudukan dan keluarga berencana merupakan bagian yang sangat penting dalam pembangunan nasional dengan adanya undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga serta peraturan pemerintah nomor 63 tahun 2014 tentang kesehatan reproduksi yang diharapkan masalah-masalah tentang keluarga berencana dapat dipecahkan.

Keluarga berencana adalah upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan melalui promosi perkembangan dan bantuan sesuai hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga berkualitas. Pengaturan kehamilan adalah upaya membantu pasangan suami istri untuk melahirkan pada usia yang ideal, memiliki jumlah anak dan mengatur jarak kelahiran yang ideal dengan menggunakan cara atau alat dan obat kontrasepsi. Keluarga berkualitas adalah keluarga yang di bentuk atas perkawinan yang sah dan bertujuan untuk keluarga sejahtera dan bahagia.

“Tokoh agama, toko masyarakat, dan tokoh adat bersama-sama turun ke masyarakat memberikan informasi bahwa keluarga berencana bukan membatasi kelahiran, tetapi mengatur mengendalikan agar kesejahteraan keluarga bisa diwujudkan,” jelas Anisah sekaligus membuka secara resmi orientasi. (Diskominfo/ikhsan/jimmy)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!