Jumat, 15 Desember 2017
Umum

DPPPA HSU GELAR BIMBINGAN PENINGKATAN PERAN SERTA DAN KESETARAAN GENDER

 

Amuntai – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan bimbingan peningkatan peran serta dan kesetaraan gender bagi SKPD, bertempat di aula Bappelitbang HSU, Kamis (23/11). Bimbingan ini diikuti para Kasubag Program SKPD dan staf yang potensial untuk melakukan perencanaan SKPD.

Kepala DPPPA HSU Hj. Gusti Iskandariah, S.Sos, M.AP mengatakan kegiatan pembekalan untuk penyusunan perencanaan responsif gender bagi SKPD di Kabupaten HSU telah dimulai sejak tahun 2016, dengan target 65 % SKPD membuat perencanaan yang responsif gender.
“Hingga saat ini diketahui sudah ada 75 % SKPD yang telah menyusun perencanaan responsif gender, yang artinya telah melebihi target. Melalui bimbingan kepada SKPD, diharapkan dapat meningkatkan peran serta dan kesetaraan gender di Kabupaten HSU”, ucap Gusti.

Gusti menambahkan, kegiatan ini didasari oleh Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pengarusutamaan Gender di Daerah.

Bimbingan ini menghadirkan narasumber Dr. Ir. Hidayatullah, SE, S.IP, MM, MP dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan.
Mengawali paparannya, Hidayatullah mengingatkan tentang prinsip hak setiap warga negara untuk menikmati dan berpartisipasi dalam pembangunan di berbagai bidang. Namun pada kenyataannya, masalah kesenjangan gender masih terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan pengarusutamaan gender.

Pengarusutamaan gender atau disingkat PUG adalah strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan.
“Dalam upaya mempercepat pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender dalam pembangunan, salah satu yang harus diupayakan adalah perencanaan dan penganggaran yang responsif gender”, ujar Hidayatullah.

Dalam bimbingan ini, para peserta dan narasumber juga aktif melakukan tanya jawab seputar peningkatan peran serta dan kesetaraan gender, guna meningkatkan kualitas pembangunan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (Diskominfo/mahdi)

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU

Media Center – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara

error: Konten di lindungi !!