Senin, 21 Oktober 2019
Umum

DPPPA HSU GELAR PENCEGAHAN PERKAWINAN USIA ANAK

AMUNTAI – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Aksi Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Usia Anak, bertempat di kawasan Lapangan Pahlawan Amuntai, Minggu (15/9).

Kegiatan aksi sosial dilaksanakan usai senam rutin bersama yang diadakan setiap hari Minggu pagi oleh Pemerintah Kabupaten HSU.

Kepala DPPPA HSU Hj. Gusti Iskandariah mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan di tempat terbuka untuk menarik perhatian masyarakat usai melaksanakan senam, sekaligus memberikan informasi tentang upaya pencegahan perkawinan usia anak.

“Kegiatan ini juga melibatkan forum anak, yang harus melakukan aksi mencegah teman-temannya tidak melakukan pernikahan di usia anak,” ucap Gusti.

Menurut Gusti, saat ini maraknya pernikahan pada usia anak diakibatkan tekanan dari orang tua dan kurangnya informasi pengatahuan tentang pencegahan perkawinan usia anak.

“Dengan adanya peran orang tua akan bisa mengurangi perkawinan usia anak di Hulu Sungai Utara,” tambah Gusti.

Gusti juga menyampaikan, pernikahan pada usia anak di Hulu Sungai Utara menurut data DPPPA tahun 2019 ini mengalami penurunan yang sangat signifikan dari tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah sampai dengan tahun 2019 hingga bulan Juli kemarin yang terdata hanya 40, jadi sangat signifikan dibandingkan tahun 2018 kemarin,” ujar Gusti.

Gusti berharap anak-anak di Kabupaten Hulu Sungai Utara dapat meraih dulu kesempatan pendidikan, bekerja, dan berprestasi. Setelah itu baru menikah di usia yang benar-benar mapan.

Aksi pencegahan perkawinan usia anak tidak hanya diisi dengan sosialisasi. Dilakukan pula penandatanganan komitmen bersama dengan masyarakat sekitar yang hadir. Bahkan tampak hadir juga Bupati HSU H. Abdul Wahid HK dan Ketua TP PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid yang ikut menandatangani komitmen bersama tersebut. (Diskominfo/ricky/oellah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!