Senin, 20 November 2017
Pemerintahan

DPPPA HSU GELAR SOSIALISASI PENCEGAHAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG

 

Amuntai – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Sosialisasi Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT-PPTPO) di Gedung Arsip Amuntai, Selasa (14/11).

Sosialisasi ini dilaksanakan setelah adanya isu perdagangan orang di HSU, sehingga diperlukan antisipasi dan penanganan oleh Dinas terkait. Perdagangan orang (Human trafficking) adalah tindakan perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman, pemindahan, atau penerimaan seseorang dengan ancaman kekerasan, penggunaan kekerasan, penculikan, penyekapan, pemalsuan, penipuan, penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan, penjeratan utang atau memberi bayaran atau manfaat, sehingga memperoleh persetujuan dari orang yang memegang kendali atas orang lain tersebut, baik yang dilakukan di dalam negara maupun antar negara, untuk tujuan eksploitasi atau mengakibatkan orang tereksploitasi.

Dilaksanakannya sosialisasi Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (Human Trafficking) bagi anggota Gugus Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang dimaksudkan agar memperkuat jejaring keanggotaan Gugus Tugas dan meningkatkan kemampuan serta pemahaman dalam penanganan perdagangan orang. Sosialiasi ini bertujuan mensosialisasikan tindakan preventif, prosedur serta penanganan dalam kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Sosialisasi ini dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan, Wakil Bupati H. Husairi Abdi,Lc, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Ir. H. Supomo M.Si Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak HSU, dan SKPD terkait lainnya seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Kejari HSU, dan Polres HSU.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA) HSU Hj. Gusti Iskandariyah, S.Sos, M.AP mengatakan, DPPA belum mengetahui signifikan atas kejadian tersebut, karena tidak ada pelapor yang datang langsung melaporkan kasus tindak pidana perdagangan orang. Namun pihaknya akan bertindak cepat bila semua isu tersebut memang benar adanya.

“Setelah Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT-PPTPO) ini dibentuk, jika ditemukan indikasi tindak perdagangan orang di Kabupaten HSU, diharapkan kita langsung bertindak cepat”, ujar Gusti.

Sementara itu, Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc berharap adanya pembentukan Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana dapat menindak dengan cepat kalau menemukan kasus tersebut di Kabupaten HSU.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Kepala DPPPA Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Husnul Khatimah, SH, MH.

Husnul Khatimah mengatakan, Gugus Tugas ini adalah amanah dari undang-undang, bahwa setiap daerah wajib membentuk Gugus Tugas sebagai lembaga koordinasi dalam hal pencegahan dan penanganan Tindak Perdagangan Orang yang terdiri dari perwakilan pemerintah, perwakilan aparat hukum, dan perwakilan dari lembaga organisasi dan Akademisi. Gugus Tugas ini dibentuk berdasarkan PP Nomor 10 tahun 2012, yang bisa diketuai Wakil Bupati maupun Seketaris Daerah.

Tindak Pidana Perdagangan orang berkorelasi dengan pelanggaran hak-hak dasar manusia karena akibat dari tindak pidana perdagangan orang, korban kehilangan harkat dan martabatnya sebagai manusia, dan korban mengalami kesulitan dalam menata hidupnya kembali baik secara sosial maupun personal.

“Apabila kasus perdagangan orang (human trafficking) tidak diimbangi percepatan penanganan dan antisipasi, maka yang terjadi adalah semakin banyaknya hak-hak manusia yang hilang. Berbagai faktor penyebab adanya perdagangan orang perlu kita gali, evaluasi dan mensosialisaikan kepada masyarakat serta percepatan penghapusan perdagangan orang. Rumit dan kompleksnya penanganan perdagangan orang (human trafficking) membuat kita harus bekerjasama dan bersatu padu di dalam jejaring Gugus Tugas Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang”, papar Husnul. (Diskominfo/faisal/aspani)

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU

Media Center – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara

error: Konten di lindungi !!