Jumat, 20 Juli 2018
Pemerintahan

DPRD HSU BAHAS RAPERDA PERTANGGUNGJAWABA PELAKSANAAN APBD HSU 2017

Amuntai – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pengambilan Keputusan terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten HSU Tahun Anggaran 2017, Kamis (12/7).

Ketua DPRD HSU H. Sahrujani mengatakan, rapat paripurna yang membahas tentang pertanggungjawaban pelaksaan APBD tahun 2017 ini berguna bagi peningkatan pembagunan daerah Kabupaten HSU.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tigginya kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten HSU dan Bupati serta pejabat daerah atas kerjasama dalam rapat pembahasan rancangan peraturan daerah,” kata Sahrujani.

Seiring dengan itu, Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi menuturkan, mekanisme pertanggungkawan APBD merupakan proses dari pembangunan daerah.

“Pengesahan APBD telah selesai kita laksanakan, yang merupakan rangkaian prosedur pengawasan dari pemerintah pusat maupun daerah. Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2017 harus mendapatkan persetujuan bersama, karena merupakan bentuk pengawasan demi terwujudnya pemerintahan yang baik sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan yang baik, yakni asas akuntabilas, transparansi, dan kepastian hukum,” kata Husairi.

Husairi menambahkan, mekanisme pelaksanaan APBD merupakan kegiatan yang terstruktur dan terjadwal secara terbuka. Sebagai bentuk legalitas, maka dibentuklah Peraturan Daerah tentang pertanggungjawaban APBD.

“Atas nama Pemerintah Daerah, saya menyampaikan terima kasih kepada pimpinan yang telah melaksanakan agenda pembicaraan APBD tahun 2017. Hasil belanja sama persis dengan audit sebagai bentuk realisasi. Untuk memenuhi pasal 48 ayat 1 tentang pengelolaan keuangan daerah dan pasal 100 ayat 2 tentang pembentukan hukum daerah, maka pertanggungjawaban APBD 2017 akan kami sampaikan kepada Gubernur Kalimantan Selatan untuk dimintakan persetujuan melalui mekanisme evaluasi,” pungkasnya. (Diskominfo/ikhsan/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!