Senin, 21 Oktober 2019
EkonomiPemerintahanPotensi Investasi

DPRD PANAJAM PASER UTARA KUNJUNGI HSU

Amuntai – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dikunjungi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Panajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (17/11).

Menurut anggota DPRD Panajam Paser Utara Kalimantan Timur, Syamsudin Ali, kunjungan kerja rombongannya ke HSU terkait pembinaan usaha masyarakat dan pengelolaan pasar, karena HSU dinilai berhasil dalam hal ini.

“HSU merupakan Kabupaten yang telah lama berdiri, sehingga kami meyakini Kabupaten ini memiliki banyak pengalaman dalam pembinaan usaha kecil dan pengelolaan pasar. Selain itu, HSU termasuk berhasil dalam pembinaan UMKM dan pengelolaan pasar”, terang Syamsudin.

Selain itu, pihaknya juga ingin mempelajari regulasi-regulasi mengenai UMKM dan pasar yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara agar bisa menjadi bahan masukan bagi Pemerintah Kabupaten Panajam Paser Utara dalam pembinaan UMKM dan pasar .

Sementara itu, menurut pihak Diskoperindagkop dan UKM HSU Marzuki, selama ini Diskoperindagkop dan UKM HSU terus berupaya melakukan penyuluhan dan pembinaan terhadap UMKM guna menambah kualitas, wawasan, dan pengetahuan para pelaku usaha dalam rangka mendorong perekonomian masyarakat di Hulu Sungai Utara.

“Berdasarkan data tahun 2016, jumlah pelaku UMKM di HSU sebanyak 113.464 orang yang terdiri dari 69.984 laki-laki dan 43.480 wanita. Banyaknya jumlah UMKM tersebut mendorong Disperindagkop dan UKM HSU untuk melakukan upaya-upaya pembinaan”, ungkap Marzuki.

Marzuki menambahkan, selama ini Diskoperindagkop dan UKM HSU telah melakukan sosialisasi mengenai kebijakan pemerintah mengenai UMKM; melaksanakan pelatihan kewirausahaan dan manajemen pengelolaan koperasi; melaksanakan pelatihan industri kerajinan, pangan, industri rumah tangga, dan sebagainya; memfasilitasi kemitraan usaha (permodalan); melaksanakan pelatihan ke luar daerah; dan memanfaatkan teknologi untuk pemasaran.

Dalam kunjungan kerja ini, anggota DPRD Panajam Paser Utara dan pihak Diskoperindagkop UKM HSU juga melakukan diskusi mengenai pembinaan UKM dan pengelolaan pasar, guna saling berbagi informasi dan memberikan saran. (Diskominfo/mahdi)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!