Jumat, 15 Desember 2017
EkonomiPemerintahan

DPRD TABALONG KUNJUNGI HSU

 

Amuntai – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabalong kunjungi Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dalam rangka konsultasi dan koordinasi terkait pengembangan industri rumah tangga. Kunjungan tersebut diterima di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Diskoperindagkop dan UKM), Kamis (23/11).

Menurut Ketua Komisi II Bidang Perekonomiam DPRD Kabupaten Tabalong Aries Heryanto, S.Kep, Kabupaten HSU dipilih dalam kunjungan ini karena melihat perkembangan industri rumah tangga di HSU cukup besar.
“Melalui kunjungan ini, kami ingin mengetahui seputar pengembangan industri rumah tangga di Kabupaten HSU, dan berharap bisa diterapkan di Kabupaten Tabalong”, ujar Aries.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Kecil Disperindagkop HSU Drs. Marjuki, menyampaikan struktur ekonomi di Kabupaten HSU, seperti pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan yang cukup berkembang adalah industri rumah tangga (home industry).
“Di Kabupaten HSU, home industry / industri rumah tangga dikerjakan tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari, atau bisa menjadi pekerjaan sampingan. Sehingga industri ini paling banyak dikembangkan”, ujar Marjuki.

Marjuki menambahkan, industri rumah tangga di HSU bermacam-macam, seperti kue kering, kue basah, kerupuk, dendeng itik, telur asin, tudung saji, membuat jala, anyaman purun, dan lain-lain.
“Setiap kecamatan yang ada di HSU mempuyai industri rumah tangga yang umumnya dilakukan secara turun temurun. Selain itu, HSU mempunyai 2 pasar kerajinan, yaitu pasar kerajian setiap hari Kamis yang bertempat di depan Pasar Modern Amuntai dan juga pasar kerajinan meubel yang bertempat di Desa Muara Tapus”, tambah Marjuki.
Untuk menggali lebih dalam seputar pengembangan industri rumah tangga di Kabupaten HSU, anggota DPRD Kabupaten Tabalong juga melakukan tanya jawab dengan pihak Diskoperindag dan UKM HSU (Diskominfo/ricky).

1 Comment

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU

Media Center – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara

error: Konten di lindungi !!