Senin, 23 September 2019
Olahraga

GEBYAR CATUR DI HSU, WARGA TANTANG 2 ATLET CATUR CILIK NASIONAL

AMUNTAI – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan Gebyar Catur Berhadiah, bertempat di Lapangan Pahlawan Amuntai, Minggu (1/9).

Sistem permainan dalam Gebyar Catur ini, masyarakat umum dari kategori dewasa, remaja, dan anak-anak harus mengalahkan salah satu dari 2 atlet catur nasional asal HSU yaitu Nishfa Dayyana Rahmah (10 tahun) dan M. Rizky Prima Nugraha (10 tahun).

Gebyar Catur berhadiah yang didukung oleh Pemerintah Daerah bersama KONI HSU tersebut disambut antusias oleh masyarakat yang berada di sekitar Lapangan Pahlawan Amuntai.

Ketua KONI Kabupaten HSU H. Ahmad Barkati menyampaikan, kegiatan Gebyar Catur ini merupakan inovasi baru dari Percasi HSU yang diadakan pertama kali di HSU, bahkan pertama kali di Kalimatan Selatan.

Barkati menambahkan, adapun 2 penantang pecatur cilik dari HSU tersebut telah mengikuti berbagai macam kejuaraan dari kejuaraan tingkat Provinsi, Nasional, dan Internasional, serta telah mendapatkan berbagai medali dan penghargaan.

“Kita bersyukur punya bibit pecatur yang sudah mengharumkan nama Kabupaten Hulu Sungai Utara,” ujar Barkati.

Menurut Barkati, saat ini dalam bidang olahraga catur, HSU telah meraih berbagai prestasi, di antaranya turut menyumbangkan medali emas saat Kejuaraan Porprov di Kabupaten Tabalong tahun 2018 yang membawa Kabupaten HSU berada di posisi peringkat 7 se-Kalimantan Selatan dengan memperoleh 8 emas, 5 perak, dan 9 perunggu.

“Kita berharap pada Porprov di Hulu Sungai Selatan (HSS) 2021 nanti, Hulu Sungai Utara bisa menduduki paling tidak peringkat 5 di Kalimantan Selatan,” harapnya.

Seiring dengan itu, Bupati HSU melalui Kepala Disporapar Fajeri Ripani mengatakan, Gebyar Catur berhadiah ini merupakan kegiatan penting dalam pengembangan olahraga catur bagi para atlet catur. Mereka dapat memperoleh kesempatan untuk menimba pengalaman bertanding untuk meningkatkan prestasi.

“Gebyar catur ini menjadi jalan bagi lahirnya prestasi baru yang lebih tinggi dan lebih baik lagi dari prestasi yang telah diraih oleh atlet catur Kabupaten HSU. Semoga dapat melahirkan grand master catur baru yang siap mengharumkan nama Kabupaten HSU,” tambahnya.

Gebyar Catur ini dibuka dengan pertandingan catur Ketua Percasi HSU dan Dandim 1001 Amuntai melawan 2 atlet catur cilik nasional. (Diskominfo/ricky/irwin)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!